Sukses

Ritual Adat Wuat Wai untuk Minta Restu Leluhur Jelang Pilkada

Kandidat juga menjalani ritual Wuat Wai sebelum berlaga di pilkada. Ritual adat ini guna mendapatkan restu dan bekal dari leluhur.

Liputan6.com, Kupang - Beragam aksi dijalankan para kandidat dalam menghadapi pemilihan kepala daerah. Seperti yang dilakukan calon gubernur Nusa Tenggara Timur pasangan Benny K Harman dan Benny Litelnoni. Calon yang diusung Partai Demokrat, PKS, dan PKPI ini melakukan ritual adat yang Wuat Wai.

Ritual Wuat Wai adalah salah satu ritual untuk mendapatkan bekal dari leluhur. Dalam ritual disediakan ayam putih air arak.

Ritual tersebut sering dilakukan masyarakat Manggarai setiap kali melakukan kegiatan baik pernikahan, termasuk kegiatan besar seperti keinginannya maju di pilkada.

Benny K Harman sebagai putra asli Manggarai yang ikut maju sebagai cagub diberikan pembekalan oleh leluhur melalui ritual adat. Acara ritual yang berlangsung di Kabupaten Manggarai dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai daerah.

Saat tiba pasangan cagub disambut tokoh adat. Masyarakat yang hadir kompak mengenakan busana adat. Terlihat pula para tokoh seperti Jefri Riwu Kore selaku Ketua DPD Partai Demokrat NTT yang juga Ketua Koalisi, para tokoh adat dan pemuda.

Jefri mengatakan ritual adat tersebut juga mengandung pesan masyarakat Manggarai menyerahkan Benny K Harman maju sebagai cagub NTT.

"Jadi tidak hanya Partai Demokrat yang rela kader terbaik untuk maju sebagai cagub, bahkan masyarakat Manggarai juga harus rela. Semoga dengan profesi ritual adat pasangan cagub dapat restu dari leluhur untuk menghadapi pilgub, " tegas Jefry, dalam keterangan tertulis.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi dengan Ritual Adat

Jefri menyebutkan bahwa deklarasi pasangan cagub berbeda dengan cagub yang ada. "Pasangan calon bukan seperti deklarasi yang sudah-sudah, namun kita lebih melakukan ritual adat," kata wali kota Kupang itu.

"Kita meminta kepada leluhur agar pasangan disukseskan niatnya maju sebagai cagub NTT 2018. Karena Manggarai adalah tanah kelahirannya, sehingga pas betul bilamana pasangan Benny mendapatkan bekal dari leluhur," jelasnya.

Sementara itu Benny K Harman mengapresiasi ribuan masyarakat yang hadir pada kegiatan ritual ada tersebut. Dia juga berkeyakinan masyarakat Manggarai dapat kompak berjuang memenangkan pasangan Benny K Harman dan Benny Litelnoni.

"Adanya kekompakan bukti bahwa masyarakat berharap ada perubahan di NTT," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.