Sukses

Gempa Mengguncang, Yogya Waspada Tsunami

Yogyakarta - Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter yang terjadi sekitar pukul 23.47 di 43 kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat terasa hingga Yogyakarta. Badan Meteorologi dan Geofisika merilis gempa tersebut berpotensi siaga tsunami di wilayah Ciamis dan Tasikmalaya. Sedangkan untuk wilayah Bantul dan Kulonprogo waspada tsunami.

Data yang dirilis BMKG menyebutkan pusat gempat terjadi di 8.03 LS - 108.04 BT dengan kedalaman 105 kilometer. Keterangan lokasi gempa tepatnya di 66 km tenggara Garut, Jawa Barat, 77 km Barat daya kabupaten Pangandaran.

Warga Yogyakarta Panik

Satriyo Wicaksono (19) warga Sewon Bantul mengaku sangat merasakan gempa. Ia yang saat itu belum tidur awalnya berpikir dirinya pusing. Namun ia kemudian sadar bahwa itu adalah gempa yang cukup kuat sehingga membangunkan keluarga yang lain sebelum lari ke luar rumah.

Ratini (33) di Gandrungmangu, Cilacap merasakan getaran yang sangat kuat sehingga warga kampung keluar rumah. Kepanikan terjadi karena listrik di kampungnya juga mati.

Hal senada dirasakan oleh Mifthakul Ilmy (17) warga Ngupasan Purworejo, Jawa Tengah. "Pertama getarannya pelan terus kencang, warga kemudian membunyikan kentongan." kata Mifthakul Ilmy.

Saksikan berita KRjogja.com lain di sini

 

https://www.vidio.com/watch/1215234-gempa-yogya-membuat-tamu-hotel-panik

1 dari 2 halaman

Gempa Serentak

Gempa mengguncang Pulau Jawa Jumat (15/12/2017) malam, pukul 23.47 WIB. Getaran gempa terasa di sejumlah daerah, di antaranya Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali dan NTB.

BMKG menyebutkan, gempa dengan 7,3 Skala Ritcher dirasakan di Jakarta, Bandung, Depok, Karangkates, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Badung (Bali), Mataram (NTB), Kebumen, dan Yogyakarta.

"Gempa magnitude 7,3 SR, terjadi pada 15 Desember 2017 pukul 23.47 WIB," demikian dikabarkan BMKG.

"Pusat gempa berada di laut 74 km barat daya Kawalu, kedalaman 105 km. Lindu dirasakan (MMI) II-III Jakarta, III-IV Bandung, II-III Depok, III-IV Karangkates, II Ngawi, II Madiun, II Nganjuk, II Badung, II Mataram, III-IV Kebumen, III Yogyakarta," demikian keterangan BMKG dalam akun Twitternya, @InfoBMKG, Jumat (15/12/2017).

Disebutkan, pusat gempa berada di laut 74 km barat daya Kawalu. Kedalamannya 105 km.