Sukses

Pesawat N219, Kado Spesial Jelang HUT RI dari PT DI

Pesawat N219 diterbangkan perdana oleh seorang pilot perempuan ternama dari Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Purwarupa pesawat pertama N219 karya anak bangsa dari PT Dirgantara Indonesia (Persero) menguji coba penerbangan perdana (flight test) di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Jalan Padjadjaran Nomor 154, Kota Bandung, Rabu (16/8/2017).

Uji coba penerbangan perdana pesawat itu dilakukan sekitar pukul 09.10 WIB, dan disaksikan langsung oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso, Dirut PT Dirgantara Indonesia (DI) Budi Santoso, dan seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris PT DI.

Dilansir dari Antara, uji coba penerbangan ini dilakukan setelah purwarupa pesawat N219 mendapatkan Certificate of Airworthiness dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasional Pesawat Udara Kementerian Perhubungan.

Purwarupa pesawat pertama N219 ini diterbangkan pilot Kapten Esther Gayatri Saleh dan ko-pilot Kapten Adi Budi Atmoko. Pilot Esther merupakan pilot perempuan yang memiliki spesialisasi sebagai penguji coba pesawat baru.

Selain itu, pada penerbangan perdana ini ikut serta Ir Yustinus K yang bertindak sebagai Flight Test Engineer untuk memastikan setiap tahapan pengujian terbang dilaksanakan dengan baik dan benar serta terjamin unsur keselamatannya.

Lama penerbangan perdana purwarupa pesawat N219 dilakukan sekitar 20 menit dengan rute di kawasan Batujajar dan Waduk Saguling.

PT DI mengembangkan pesawat jenis turboprop (baling-baling) yang digunakan untuk penerbangan komersial jarak pendek. Pesawat ini dinamakan N 219.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.