Sukses

Pesawat N219 Buatan Indonesia Terbang Perdana di Makassar

Pesawat N 219 ini dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat buatan Indonesia N219, terbang perdana di Makassar, Sulawesi Selatan. Penerbangan itu dilakukan pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) pada 8-11 Agustus 2017.

Kepala Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Kementerian Koordinator Kemaritiman, Safri Burhanuddin, mengatakan pesawat N 219 adalah salah satu karya terbaru buatan anak bangsa. Pesawat N 219 ini dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

PT DI mengembangkan pesawat jenis turboprop (baling-baling) yang digunakan untuk penerbangan komersil jarak pendek. Pesawat ini dinamakan N 219.

"Pesawatnya sudah selesai dan saat ini pesawat itu sudah diperkenalkan keluar hanggar, namun beberapa komponennya masih dalam proses sertifikasi," kata Safri seperti dikutip dari Antara, Rabu (8/2/2017).

Sementara itu, lanjut dia, peringatan Hakteknas 2017 yang dipusatkan di Makassar tersebut akan menjadi ajang eksplorasi semua potensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Selama 72 tahun Indonesia merdeka, belum pernah kita melakukan kegiatan yang mengeksplorasi semua potensi yang dimiliki Indonesia dan nanti pada kegiatan Hakteknas itu kita akan perlihatkan apa-apa saja yang bisa dilakukan anak bangsa ini," Safri menjelaskan.

Oleh karena itu, di hadapan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, dia berharap besar kegiatan Hakteknas 2017 mampu menyedot perhatian warga Indonesia, khususnya warga Makassar.

"Saya sampaikan sama pak wali, kegiatan ini harus meriah dari sebelum-sebelumnya karena Makassar adalah kota yang sangat menarik dan semuanya ada di sini. Saya tidak ragu kalau Makassar selalu sukses membuat acara berskala internasional dan kegiatan kita ini pasti juga akan sukses," ujar Safri.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang mendengar ekspektasi penyelenggara dari Kemenko Kemaritiman berjanji akan mendukung penuh kegiatan tersebut.

"Kita pengalaman dalam membuat event yang bertaraf internasional dan semua event internasional kita itu selalu sukses di luar dari target kita. Insya Allah, kita akan sukseskan kegiatan ini," ucap Ramdhan menanggapi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional dan pesawat buatan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini