Sukses

Propam Polda Papua Investigasi Insiden Penembakan di Tigi Papua

Terdapat empat warga terluka akibat insiden penembakan di sebuah perusahaan di Tigi, Papua.

Liputan6.com, Jayapura - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, saat ini satu tim dari Propam Polda Papua sudah dikirim ke Tigi, Kabupaten Deiyai untuk menyelidiki insiden penembakan yang melukai empat orang.

Tim investigasi itu dikirim untuk menyelidiki apakah ada kesalahan prosedur yang dilakukan anggota Brimob saat mengatasi aksi anarkis masyarakat yang terjadi Selasa, 1 Agustus 2017, sekitar pukul 17.45 WIT.

"Tim investigasi dari Propam sudah diberangkatkan pagi tadi melalui Nabire," kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli, Rabu (2/8/2017), dilansir Antara.

Boy mengatakan, dari laporan yang diterima, warga yang terkena tembakan tercatat empat orang dan saat ini sedang dirawat di RSUD Enarotali. "Kami masih menunggu laporan lebih lanjut dari Kapolres Paniai yang wilayahnya membawahkan Kabupaten Deiyai," kata Kapolda Papua.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan, insiden penembakan itu berawal dari aksi anarkis masyarakat. Massa disebut merusak peralatan yang digunakan perusahaan yang sedang membangun jembatan dan menyerang karyawan menggunakan panah dan batu.

Penyerangan itu diduga dipicu kesalahpahaman. Pasalnya sebelum penyerangan itu, ada masyarakat yang datang meminta tolong untuk mengantarkan warga yang sakit, tetapi ditolak pihak perusahaan. Yang bersangkutan lalu meninggal setibanya di rumah sakit.

"Akibatnya warga mengamuk dan menyerang karyawan serta merusak peralatan di camp," kata Ahmad Kamal.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.