Sukses

Hujan Deras Seharian, Solok Terendam Banjir 1 Meter

Evakuasi korban banjir Solok dilakukan secara manual.

Liputan6.com, Solok - Banjir setinggi 50 sentimeter hingga satu meter melanda Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) pada pagi ini. Banjir ini diakibatkan tingginya curah hujan di daerah itu sejak Rabu, 4 Januari 2017.

"Nagari Salayo menjadi salah satu kawasan terparah dilanda banjir," kata anggota Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Salayo, Kabupaten Solok, Yanti di Nagari Salayo, seperti dikutip ANTARA, Kamis (5/1/2017).

Akibat curah hujan yang tinggi, Sungai Batang Gawan dan Batang Lembang meluap dan bertemu di mata air Nagari Salayo. Air mulai meluap pada Kamis pagi pukul 06.30 WIB.

KSB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dibantu TNI serta tim relawan lainnya turun tangan. Mereka membantu warga mengungsi ke tempat yang lebih aman pada 07.00 WIB.

"Bahkan, 20 orang dari tim penyelamat Kabupaten Solok diturunkan di beberapa titik untuk melakukan evakuasi," kata Yanti.

Evakuasi dilakukan masih secara manual ke rumah sakit dan puskesmas sebab perahu karet hingga saat ini masih berada di Lapangan Koto Baru dan membutuhkan waktu untuk sampai di lokasi kejadian.

Titik-titik yang dievakuasi di antaranya Pasar Selayo, Kawasan SMA Negeri 1 Kubung serta masyarakat di sejumlah perumahan setempat.

"Pasar Selayo termasuk yang terparah. Selama ini bahkan tidak pernah terdampak banjir, namun saat ini air mulai menyusut," ujar dia.

Yanti mengungkapkan, sebelumnya sudah ada peringatan dini banjir pada Rabu, 4 Januari. Peringatan itu dikeluarkan agar warga setempat sebenarnya sudah bersiap-siap.

Salah seorang petugas keamanan yang bekerja di Kabupaten Solok, Andika mengatakan banjir yang melanda Nagari Salayo disebabkan adanya luapan air dari salah satu bendungan sehingga berdampak pada kawasan sekitar bendungan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.