Sukses

Duit Rp 3 Triliun Siap Disebar Selama Liburan di Jambi

Warga Jambi tak perlu khawatir kekurangan stok uang saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Jambi - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi menyatakan telah menyiapkan uang tunai senilai Rp 3 triliun selama libur panjang di daerah itu.

Kepala Perwakilan BI Jambi, V Carlusa mengatakan, uang tersebut merupakan persiapan kas untuk mengantisipasi lonjakan permintaan uang selama libur Natal dan Tahun Baru 2017.

"Jumlahnya sama seperti tahun lalu," ucap Carlusa di Jambi, Sabtu 24 Desember 2016.

Berkaca pada pengalaman sebelumnya, setiap perayaan hari besar disertai liburan panjang akan terjadi lonjakan permintaan uang. Hal itu ditambah dengan aktivitas ekonomi di Jambi yang semakin tumbuh.

Lebih lanjut Carlusa mengatakan, jumlah uang yang disediakan tersebut belum termasuk dengan jumlah yang ada di masing-masing perbankan. Seperti di kas Kota Muarobungo, Kabupaten Bungo tercatat masih terdapat stok kas senilai Rp 250 miliar.

"Apalagi ditambah uang baru NKRI yang baru sebesar Rp 63,5 miliar, sehingga menambah stok. Begitu juga untuk kebutuhan pecahan uang kecil BI siap memenuhi," Kepala Perwakilan BI Jambi itu memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.