Sukses

Tol Cipali di Purwakarta Ambles, Jembatan Terancam Ambruk

Longsor mengancam ambruknya jembatan Tol Cipali. Hal ini bisa memutuskan akses di Tol Cipali.

Liputan6.com, Purwakarta - Bahu jalan ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengalami ambles di Kilometer 79 tepatnya di wilayah Kampung Citenjo, Desa Cimahi, Kecamatan Campaka, Purwakarta, Jawa Barat. Di titik ini bahu jalan tol ambles sepanjang lima meter dengan kedalaman diatas 10 Meter.

Amblesnya jalan Tol Cipali di Kilometer 79 terjadi sejak Kamis, 15 Desember 2016 malam. Setelah wilayah itu diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan terjadi setiap hari. Kondisi itu juga diperparah adanya aliran sungai di titik tersebut hingga mengakibatkan pergerakan tanah.

Jalan ambles di Kilometer 79 juga mengancam ambruknya jembatan Tol Cipali di titik itu. Kondisi tersebut lantaran tanah di bawah jembatan saat ini sudah mengalami longsor dan menggerus tiang penopang dan badan jalan tol.

Tol Cipali di Purwakarta alami ambles, jembatan terancam ambruk. (Liputan6.com/Abramena)

Pihak pekerja pemeliharaan jalan Tol Cipali PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menyatakan amblesnya jalan juga disebabkan kondisi jalan belum padat.

"Pertama karena hujan terus menerus, ditambah karena kondisi tanah yang belum padat," kata salah seorang pekerja Julianto, Jumat (16/12/2016).

Sebagai bentuk antisipasi, pihak Tol Cipali saat ini baru melakukan penyempitan jalur dan menutup bahu jalan yang ambles.

Namun demikian, belum ada keterangan dari pihak PT LMS selaku pengelola jalan Tol penghubung Purwakarta - Cirebon tersebut. Selain di Kilometer 79 di wilayah Purwakarta, amblesnya jalan Tol Cipali juga terjadi di tiga titik di wilayah Subang, masing-masing Kilometer 93, 85 serta Kilometer 106.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini