Sukses

Jembatan Hubungkan Polisi dengan Hati Warga Pedalaman Kalimantan

Liputan6.com, Melawi - Desa Manggala, Kecamatan Pinoh Selatan, Kabupaten Melawi, merupakan salah satu desa di pedalaman Kalimantan Barat. Lokasi itu menjadi wilayah pengabdian Brigadir Jefri, personel Babinkamtibmas.

Berada di tengah pedalaman menantang Jefri. Utamanya terkait kondisi geografis yang belum terjamah pembangunan infrastruktur jalan.

Kondisi lingkungan itu dijadikan peluang untuk mendekati warga. Ia membantu warga memperbaiki jembatan rusak yang menjadi akses utama lalu lintas warga setempat.

"Lubang jembatannya sangat besar," tutur Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Suhadi SW saat mengisahkan pengalaman jajarannya, Sabtu, 22 Oktober 2016.

Suhadi berharap, dengan kehadiran personel Bhabinkamtibmas Brigadir Jefri ini, pihak terkait di sana tersentuh untuk perbaikan jembatan.

"Relung hati pihak SKPD yang berkepentingan menangani perbaikan jembatan, sebelum warga masyarakat desa menjadi korban," ucap Suhadi penuh harap.

Suhadi berkata, kegiatan Brigadir Jefri memperbaiki jembatan menunjukkan bahwa peran polisi tidak hanya menangkap penjahat. Polisi juga berperan sebagai pelindung masyarakat. "Agar masyarakat tidak menjadi korban," kata dia.

Suhadi juga menyebut aksi Brigadir Jefri merupakan citra dari petugas sosial. Hal tersebut penting agar polisi bisa selalu dekat dengan masyarakat.

"Ketika kehadiran polisi sebagai petugas sosial, maka ia akan ditunggu-tunggu masyarakat," ujar Suhadi.

"Kehadiran Brigadir Jefri, personel Babinkamtibmas di Desa Manggala ini, di samping hadir sebagai petugas sosial juga sekaligus membangun kepercayaan masyarakat desa terhadap Polri," kata Suhadi.