Sukses

Ditanya Menkes, Ini Cita-Cita Rizki Bocah Obesitas Palembang

Rizki, bocah obesitas asal Palembang itu masih dirawat di RSMH Palembang.

Liputan6.com, Palembang – Dalam kunjungannya ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek menyempatkan diri menemui Rizki Rahmat Ramadhan (10), bocah obesitas asal Palembang yang dirawat di Ruang Kemuning, Lantai 3, RSMH Palembang.

Nila kaget dengan bentuk badan Rizki yang tidak ideal untuk anak seusianya. Menkes lalu mengajak siswa kelas 6 SDN 43 Palembang ini mengobrol tentang apa yang disukai putra bungsu pasangan Salia dan Edi itu.

Saat ditanyakan tentang cita-citanya, Rizki menjawab kalau dia ingin menjadi polisi.

"Wah.. kalau ingin jadi polisi, badannya tidak boleh gemuk seperti ini. Harus kurus dan sehat serta banyak olahraga," kata Menkes kepada Rizki, Jumat (5/8/2016).

Nila juga memberikan wejangan kepada Rizki agar tidak mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Ia mendoakan bocah yang kini berbobot 95,5 kilogram itu segera sembuh agar bisa kembali melanjutkan sekolahnya yang tertunda.

Usai dikunjungi Menkes, Rizki dan keluarganya langsung melambaikan tangan perpisahan. Rizki sangat antusias melihat foto kebersamaannya dengan Menkes terekam di telepon genggam orangtuanya.

"Saya ingin juga cepat keluar dari rumah sakit ini, bosan lama-lama di rumah sakit. Saya mau sekolah dan mewujudkan cita-cita jadi polisi," ujar Rizki.

Sementara itu, Edi (44), ayah Rizki mengatakan, kasus obesitas Rizki ini bisa menjadi pelajaran bagi para orangtua di Indonesia, terutama untuk mengontrol pola makan anak yang sedang tumbuh kembang.

"Kalau dulu, saya tidak tahu efek obesitas seperti ini. Yang saya tahu hanya gemuk saja. Tapi setelah tahu obesitas berbahaya, saya lebih mengontrol pola makan anak saya," ucap Edi sambil menambahkan jika putranya kemungkinan keluar rumah sakit pada pekan depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini