Sukses

Kuli Bangunan Temukan Senapan Kuno Peninggalan Perang Dunia

Senapan mesin ringan atau bren ini selanjutnya akan diserahkan ke Satuan Brimob di Gilimanuk, Bali.

Liputan6.com, Jembrana - Cangkul Agus Mistono dan Sunarto menyentuh benda keras. Kedua kuli bangunan itu terperanjat.

Agus dan Sunarto yang sedang mengerjakan pondasi bangunan di Jalan Gunung Agung, Kelurahan Loloan Timur, Kabupaten Jembrana, Bali, menemukan senapan tua beserta ratusan amunisi.

"Senapan jenis madsen ini ditemukan saat penggalian untuk membuat cakar ayam bangunan. Di tempat yang sama juga ditemukan dua magasin serta ratusan amunisi," ucap Kepala Polres Jembrana, Ajun Komisaris Besar Djoni Widodo, seperti dilansir Antara, Senin (1/8/2016).

Ia mengatakan, temuan senapan mesin ringan atau bren ini selanjutnya akan diserahkan ke Satuan Brimob di Gilimanuk, Bali, serta diselidiki lebih lanjut terkait asal-usulnya.

Menurut dia, senapan madsen sudah digunakan sejak perang kemerdekaan, yang kala itu termasuk senjata canggih.

Senapan, magasin, serta amunisinya yang sudah berkarat tersebut ditemukan oleh Agus dan Sunarto saat melakukan penggalian sekitar 80 sentimeter.

"Saat menggali mereka melihat benda yang aneh. Saat diambil ternyata senapan lengkap dengan amunisinya. Temuan tersebut mereka laporkan ke kami, yang langsung melakukan pengamanan," kata Djoni.

Berdasarkan pengamatan di Polres Jembrana, senapan itu sudah berkarat dengan beberapa bagian lengket menjadi satu dan sudah keropos.

Demikian juga 100 butir peluru yang diduga masih aktif dalam kondisi sama. Bahkan, peluru yang masih di dalam magasin tidak bisa dikeluarkan karena menyatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.