Sukses

Benahi Transportasi, Makassar Segera Luncurkan Pete-pete Smart

Pete-pete Smart merupakan kendaraan umum angkutan kota yang dilengkapi dengan fasilitas AC, WiFi, dan LCD.

Liputan6.com, Makassar - Mimpi warga Makassar untuk memiliki transportasi umum yang nyaman dan aman bakal segera terwujud. Rencananya di akhir tahun ini kota Daeng bakal kedatangan kendaraan Pete-pete Smart (PPS).

Pete-pete Smart merupakan kendaraan umum angkutan kota yang dilengkapi dengan fasilitas AC, Wi-Fi, dan LCD.

"Rencananya kendaraan itu akan tiba di Kota Makassar paling lambat Juli mendatang dan akan mulai dioperasikan awal tahun 2017," kata Sekretaris Daerah Kota Makassar, Ibrahim Saleh, Minggu (24/4/2016).

Menurut Ibrahim, pelayanan angkutan transportasi umum perlu menjadi perhatian serius semua pihak agar masyarakat dapat bepergian dengan aman dan nyaman.

"Karena itu pemkot telah membangun prasarananya dulu seperti halte modern menyerupai kapsul di Jalan Hertasning dan Cendrawasih," ujar Ibrahim.

Namun, Ibrahim mengaku tidak tahu berapa jumlah pasti Pete-pete Smart yang dipesan. Pasalnya hanya Dishub Kota Makassar yang tahu.

"Setahu saya pengadaan Pete-pete tersebut masih dalam proses pemesanan, termasuk pemasangan stiker dan fasilitas lainnya" kata Ibrahim.

Terpisah, Plt Dalops Dishub Kota Makassar, Muhammad Roa, mengatakan saat ini baru sarana pendukung halte yang siap. "Kita tinggal menunggu kendaraannya, yakni Pete-pete Smart," ucap Muhammad Roa.

Sementara dengan volume kendaraan yang terus meningkat dan makin banyak masyarakat yang memiliki kendaraan roda dua, tentunya keinginan untuk menggunakan jasa angkutan kota juga kecil.

"Namun terkait dengan semua itu, pasti ada jalannya untuk yang untuk pemerintah, sopir, maupun masyarakat itu sendiri," kata Rofiq, warga Jalan Hertasning.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.