Sukses

Hari Bumi, 2.552 Rumah di Wajo Terendam Banjir

Selain rumah juga terdapat 2.743 hektar sawah yang terendam banjir sejak beberapa hari kemarin.

Liputan6.com, Wajo - Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan membuat beberapa daerah terendam banjir. Tercatat ada 2.552 rumah penduduk di 24 desa terkena dampak banjir akibat luapan Sungai Walannae.

"Selain rumah juga terdapat 2.743 hektar sawah yang terendam banjir sejak tiga hari kemarin," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamsyah pada Liputan6.com, Jumat (22/4/2016).

Dia menyebutkan 5 kecamatan yang terendam banjir di Wajo masing-masing Kecamatan Sabangparu, Tempe, Belawa, Pammana dan Tanahsitolo.

"Kabupaten Wajo saat ini dinyatakan Siaga Bencana. Untuk sementara kerugian ditaksir mencapai Rp15 Miliar," ujar Alamsyah.

Untuk langkah antisipasi, lanjut Alamsyah, pihaknya bekerjasama dengan seluruh instansi terkait diantaranya TNI dan Polri akan membangun beberapa posko penanggulangan bencana serta pengungsian.

"Nanti posko itu akan menjadi tempat mempersiapkan segala pendistribusian untuk kebutuhan logistik para korban bencana," ujar Alamsyah.

Kapolres Wajo, AKBP Guntur mengatakan, pihaknya telah memerintahkan seluruh personil jajaran Polres setempat untuk bersiaga di posko bencana yang telah dibangun.

"Tak hanya menyiagakan personil, peralatan seperti perahu karet juga telah disiapkan dalam fasilitas bertugas personil di lapangan," kata Guntur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini