Sukses

Distribusi Naskah Lancar, 31.096 Siswa SMA Sulut Siap Ikut UN

Intelkam Polda Sulut mendampingi distribusi naskah UN serta mengamankannya sampai tiba di Diknas kabupaten dan kota.

Liputan6.com, Manado - Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK sederajat bakal digelar 4 - 7 April pekan depan. Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Sulawesi Utara Asiano Gammy Kawatu mengatakan, distribusi naskah soal sudah disalurkan ke 15 kabupaten dan kota.

"Termasuk distribusi ke wilayah kepulauan yang berbatasan dengan Filipina yakni Miangas dan Marore juga lancar. Karena jadwal kapal tepat, dan kondisi cuaca juga cukup kondusif," ujar Asiano, Sabtu (02/04/2016) pagi.

Asiano mengatakan, sejak awal pekan ada tim dari Diknas Provinsi Sulut yang menyisir kembali di sejumlah wilayah daratan dan sebagian lagi di wilayah kepulauan. "Bersama dengan pengawalan dari pihak kepolisian untuk memastikan distribusi naskah UN berjalan dengan baik," kata dia.

Dia menjelaskan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti naskah soal UN yang tertinggal di kapal atau naskah UN yang basah akibat terkena air.

"Pihak Intelkam Polda Sulut tetap mendampingi distribusi naskah UN serta mengamankannya sampai tiba di Diknas kabupaten dan kota," kata Asiano.

Sekretaris Dinas Diknas Sulut Christian Sumampow menambahkan, jumlah peserta UN SMA/SMK sebanyak 31.096 siswa. Rinciannya 16.243 siswa dari 205 SMA, 201 siswa dari 14 SMTK, 36 MA dengan jumlah siswa 1.354 siswa, dan 13.298 siswa dari 168 SMK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.