Sukses

500 Lampion Bakal Terangi Malam Paskah di Tana Toraja

Liputan6.com, Tana Toraja - Puncak perayaan Paskah di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang digelar pada Minggu, 27 Maret 2016 akan diwarnai dengan pawai obor. Rencananya, pawai obor diberangkatkan dari enam titik menuju Plaza Makale.

Wakil Bupati Tana Toraja Victor D. Batara mengatakan perayaan Paskah kali ini akan dimeriahkan 500 lampion, dengan 250 lampion di antaranya akan dinyalakan di lokasi Plaza Makale.

Sementara, setengahnya akan dipasang di puncak Buntu Burake pada waktu yang bersamaan dengan tepatnya puncak perayaan Paskah yang ditetapkan 27 Maret 2016.

"Kita meriahkan perayaan Paskah ini dengan berbagai kegiatan, salah satunya melibatkan anak Sekolah Minggu di mana mereka ada kegiatan mencari telur paskah," kata Victor, Selasa (22/3/2016).

Untuk pawai obor, kata dia, akan dikumpulkan di enam titik, masing-masing di halaman kantor Bupati Tana Toraja, lokasi Terminal To’ Ao’ Makale, lokasi Gereja Kibaid Jemaat Paku Makale, lokasi Gereja Toraja Jemaat Rumbe’, lokasi Lapangan Sepak Bola Makale, dan lokasi SMP Katolik Pelita Bangsa Makale.

Koordinator Seksi Acara, Beatriks Palamba, menjelaskan perayaan Paskah 2016 dimulai sejak pukul 04.00 Wita. Adapun peserta prosesi obor berkumpul di enam titik yang telah ditentukan. Mereka lalu berjalan beriringan menuju Plaza Makale.

Kemudian, pukul 05.00 Wita diperkirakan semua peserta sudah kumpul di Plaza Makale. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa syukur dan cerita Paskah. Acara di Plaza Makale diakhiri dengan mencari telur Paskah dan sarapan bersama.

"Acara di Plaza Makale dijadwalkan akan tuntas pada pukul 06.00 Wita dan perayaan Paskah akan dilanjutkan pada hari yang sama di lokasi Wisata Religi Buntu Burake," katanya.

Loading