Sukses

Kalimantan Selatan Kembangkan Wisata Baru di Pagat

Keindahan dan kekayaan alam wilayah Pagat, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, kian dikembangkan menjadi destinasi wisata ala

Liputan6.com, Banjarmasin - Ada destinasi baru wisata alam di Kalimantan Selatan. Yakni, keindahan dan kekayaan alam wilayah Kecamatan Pagat, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, kini kian dikembangkan menjadi destinasi wisata alam di provinsi tersebut.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Hulu Sungai Tengah (HST) Fahriah di Barabai, pemerintah sedang melakukan berbagai persiapan untuk mendukung dan mengembangkan daerah Pagat sebagai wisata andalan Kalsel.

"Kita telah melakukan sosialisasi sadar wisata dalam rangka meningkatkan sapta pesona lingkungan wisata, di aula objek wisata Pagat Kecamatan Batu Benawa," ucap Fahriah seperti dikutip Antara, belum lama ini.

Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 40 orang. Mereka terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Batu Benawa, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Barabai, Nanang Galuh HST, dan komunitas pencinta alam.

Sosialisasi tersebut, imbuh Fahriah, diharapkan akan membuka wawasan masyarakat. Terutama mengenai rencana pengembangan wisata dengan menerapkan program Sapta Pesona lingkungan di objek [wisata]( 2436384 "") tersebut.

"Sapta Pesona itu terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan, sehingga tercipta lokasi ideal bagi seluruh wisatawan," beber dia.

Selain itu, sebagai destinasi wisata yang diperhitungkan di HST, pemerintah juga terus mengupayakan membangun mental masyarakat untuk lebih peduli dan sadar wisata melalui berbagai program yang telah ditetapkan.

Sadar wisata tersebut, menurut Fahriah, bukan hanya bersikap ramah dan selalu menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata, tapi juga memiliki kesadaran tentang cara mendapatkan nilai lebih untuk meningkatkan kesejahteraan hidup bersama dengan berkembangnya pariwisata.

"Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah," tutur dia.

Melalui Sapta Pesona, lanjut Fahriah, masyarakat diharapkan menciptakan suasana indah mempesona di mana saja dan kapan saja. Khususnya di tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu melayani wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.