Sukses

Imbas Kasus Pemerasan Turis, Kapolsek Kuta Bali Dicopot

Kapolsek Kuta dinilai lalai tidak melaporkan dugaan pemerasan anggotanya atas turis Australia yang menggelar tari telanjang.

Liputan6.com, Denpasar - Kapolsek Kuta Bali Kompol Ida Bagus Deddy Januartha dicopot dari jabatannya terkait kasus dugaan pemerasan turis asing. Dia dinilai lalai tidak melaporkan kasus tersebut ke pihak Kepolisian Resort Kota Denpasar.

"‎Ini merupakan tindakan tegas dari kapolda untuk menyikapi ulah jajaran di Kepolisian Daerah Bali yang melanggar peraturan," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hery Wiyanto‎ di Mapolda Bali, Jumat (18/9/2015).

Dengan tidak melaporkan ke jajaran atasnya, kata dia, Kompol Deddy terkesan menutupi adanya peristiwa pemerasan yang dilakukan anak buahnya terhadap turis asal Australia. Sementara penggantinya adalah Kapolsek Ubud Wayan Kumara.

"Kompol Deddy sambil menunggu jadwal sidang kode etik terhadap dirinya ditempatkan di biro operasional Polda Bali," imbuh Hery.

Kasus dugaan pemerasan ‎berawal dari ditangkapnya turis Australia yang menggelar tarian telanjang di kafe kawasan Seminyak, Kuta, Februari lalu. Seiring penangkapan itu ada dugaan kasus pemerasan terhadap turis itu oleh jajaran Polsek Kuta. (Hmb/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.