Sukses

Kapolsek: Petugas Imigrasi Bandara Ngurah Rai Dilaporkan Memeras

Menurut Orpa Sari, Zhang Tao melaporkan dua petugas imigrasi bandara bermula ketika Zhang Tao tiba bersama lima orang temannya di Bali.

Liputan6.com, Denpasar - Turis asal Taiwan, Zhang Tao (33), melaporkan petugas imigrasi Bandara Ngurah Rai, Bali, ke kepolisian. Laporan ini terkait dugaan pemerasan yang menimpa ‎dirinya.

"Dua orang petugas imigrasi dilaporkan ke polisi," kata Kapolsek KP3 Bandara Ngurah Rai, Bali, Komisaris Orpa Sari Takalapeta‎, Senin (14/9/2015).

Menurut Orpa Sari, Zhang Tao melaporkan dua petugas imigrasi bandara bermula ketika Zhang Tao tiba bersama lima orang temannya di Bandara Ngurah Rai, Sabtu 12 September lalu sekitar pukul 00.00 Wita.

Terbang dari Hong Kong, Zhang Tao menggunakan maskapai penerbangan China Southern Airlines CZ 3005. Setelah tiba, Zhang Tao menjalani pemeriksaan dokumen. Di mana, pada saat itu petu‎gas menunjukkan angka 500, dugaan sementara angka itu dimaksud petugas meminta uang sebesar 500 yuan kepada Zhang Tao.

Namun, setelah melakukan perbincangan singkat, Zhuang menyerahkan uang 100 yuan.

Orpa Sari melanjutkan, lantaran tidak terima hanya mendapat 100 yuan, dua petugas tersebut kemudian meminta uang lagi kepada Zhuang. "Petugas imigrasi memberikan kode dua jari dugaan meminta 100 yuan lagi," ungkap Orpa.

Disebutkan, dua petugas imigrasi tersebut sepertinya belum puas telah mendapatkan uang 200 yuan‎ dari Zhuang Tao. Karena itu, mereka mengejar Zhuang sampai ke tempat penjemputan. Merasa diintimidasi, salah satu temen Zhuang yakni Lin Chung Hung mengambil gambar petugas tersebut atas perintah Zhuang Tao.

Rupanya, hal itu membuat petugas imigrasi tersebut naik pitam dan kemudian mengambil handphone rekan Zhuang Tao. "Dalam rekaman CCTV saat peristiwa terjadi, kedua petugas imigrasi itu terpampang jelas," imbuh Orpa.

Tidak hanya sampai di situ kesialan Zhuang Tao, ketika uang di dalam tasnya yang berjumlah US$ 3 ribu tinggal US$ 800, dalam situasi itu polisi langsung tanggap dan memeriksa teman-teman Zhang. Di antaranya Shunjian Wei, Shizihen Zhang, Zhining Liang, Jiandang Deng, dan Yongjian Liang.‎ (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini