Sukses

14 Kiat Rayakan Lebaran agar Tubuh Tetap Sehat

Agar tetap bisa merayakan Lebaran dan tetap sehat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Idulfitri sudah di depan mata. Dalam beberapa hari ke depan kita akan mengucapkan selamat tinggal pada Ramadan dan merayakan Lebaran. Banyak orang bahkan telah mulai memasak berbagai makanan untuk menyambut Lebaran.

Kue-kue dan minuman manis, serta hidangan kaya cita rasa yang umumnya bersantan jadi ciri khas menu Lebaran. Jika dikonsumsi secara berlebihan, beragam hidangan tersebut bisa memicu sejumlah penyakit.

Agar tetap bisa merayakan Lebaran dan tetap sehat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti yang disarankan oleh Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi dr Tirta Prawita Sari beberapa waktu lalu:

  1. Makanlah dengan gembira
  2. Makan saat lapar datang, berhentilah bila itu sudah tidak terasa
  3. Jika bosan, carilah kegiatan lain
  4. Jangan letakkan toples kue di depan Anda. Simpanlah di lemari
  5. Gunakan gula substitusi atau pengganti
  6. Ganti santan dengan substitusi atau ganti menu
  7. Saat makan, kunyah perlahan untuk memberi waktu pada tubuh
  8. Minum air yang banyak
  9. Saat mengonsumsi sepiring hidangan lebaran, pastikan konsumsi juga semangkuk sayuran rebus/acar/kimchi. Konsumsi sayuran minimal tiga porsi sehari
  10. Makanlah alpukat, extra virgin olive oil, atau almon panggang. Jika tidak memiliki kontra, konsumsilah suplemen omega 3
  11. Makanlah buah potong, maksimal tiga porsi
  12. Anda juga bisa mengonsumsi minuman seperti yoghurt atau makanan fermentasi lainnya
  13. Tetaplah bergerak secara fisik
  14. Maafkan diri Anda apabila melakukan kesalahan dalam mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Bertobatlah dan berjanjilah bahwa Anda hanya akan mengonsumsi makanan tersebut pada hari itu saja.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Berlebihan

Dalam pesannya, Tirta juga mengatakan bahwa Lebaran hanya satu hari yaitu 1 Syawal saja. Maka dari itu, masaklah menu makanan secukupnya agar habis di satu hari.

"Jangan berlebihan," ujarnya.

Selain itu, jangan memanaskan makanan Lebaran berulang-ulang.

Apabila Anda memiliki kue Lebaran, simpan di lemari dan keluarkan beberapa dalam toples kecil. Ambil secukupnya, maksimal tiga jenis kukis dan konsumsilah satu buah per hari.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini