Sukses

Doa Sebelum Bekerja Disertai dengan Doa Agar Mendapat Pekerjaan

Doa sebelum bekerja sudah seharusnya dilafalkan setiap hari agar mendapatkan berkah.

Liputan6.com, Jakarta Doa sebelum bekerja sudah seharusnya dilafalkan setiap hari agar mendapatkan berkah, termasuk bagi umat Muslim.  Pekerjaan sudah menjadi salah satu kegiatan sehari-hari yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan seseorang, khususnya pada orang dewasa.

Dalam bekerja, tentunya semua orang mengharapkan kelancaran dan keselamatan serta menghasilkan apa yang diharapkan secara maksimal.

Selain berusaha dengan keras, diperlukan juga bantuan dari Yang Maha Kuasa untuk mencapai apa yang diinginkan, di mana caranya adalah dengan beribadah dan berdoa.

Doa sebelum bekerja merupakan hal penting agar pekerjaan yang dikerjakan mendapat bantuan dari Allah SWT. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mengharapkan dan berdoa untuk kelancaran dan keberkahan dalam setiap pekerjaan dan usaha.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/3/2022) tentang doa sebelum bekerja.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Berangkat Kerja atau Mencari Rezeki

Doa sebelum bekerja terbagi menjadi dua doa, yaitu doa berangkat kerja serta doa ketika akan memulai bekerja. Jadi dari rumah saat berangkat pun kamu harus melafalkan doa sebelum bekerja satu ini agar selalu diberi berkah dengan apa yang dikerjakan setiap harinya. Begini bacaan doa sebelum bekerja yang diucapkan saat berangkat kerja:

“Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.” (3x)

Yang artinya: Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

Doa sebelum bekerja yang diucapkan saat berangkat kerja ini dilafalkan sebanyak 3 kali. Dengan mengucapkan doa tersebut setiap hari, kamu bisa lebih cepat hafal dan diberikan rezeki yang halal oleh Allah SWT.

3 dari 5 halaman

Doa Saat Akan Memulai Bekerja

Doa sebelum bekerja selanjutnya adalah bacaan saat akan memulai kerja. Jadi selain memang pada setiap pekerjaan kamu harus berusaha keras agar mendapatkan hasil yang maksimal, berdoa merupakan salah satu hal yang paling penting. Allah SWT tentu lebih tahu tentang apa yang terbaik untukmu. Dengan melafalkan doa sebelum bekerja saat akan mulai kerja ini kamu bisa dilindungi oleh Allah SWT dari keburukan yang ada pada pekerjaan yang kamu lakukan. Begini bacaan doa sebelum bekerja yang diucapkan saat akan memulai pekerjaan:

“Allahumma innii asaluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa’audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka ‘alaakulli syaiin qadiir”

Yang artinya: Ya Allah, aku memohon padaMu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung padaMu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya.

4 dari 5 halaman

Doa Sebelum Pulang dari Tempat Kerja

Selain membaca doa sebelum bekerja, kamu juga harus membaca doa sebelum pulang dari tempat kerja. Hal ini sebagai wujud rasa syukur dan mengharapkan pekerjaan yang telah dilakukan senantiasa diberkahi oleh Yang Maha Kuasa. Begini bacaan doa yang harus diucapkan sebelum pulang dari tempat kerja:

“Allahuma innii a’uudzubika an adhilla, au udhalla, au azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya. (3x)

Yang artinya: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepadaMu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Doa ini dibaca sebanyak 3 kali. Dengan membaca berbagai doa sebelum bekerja dapat membuat pekerjaan menjadi lebih lancar dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. Jadi jangan lupa untuk selalu berdoa saat bekerja untuk kelancaran pekerjaanmu.

5 dari 5 halaman

Doa agar Mendapat Pekerjaan

Bagi orang-orang yang belum mendapatkan pekerjaan, kamu tentunya juga perlu berusaha. Selain terus melamar lowongan pekerjaan, tentunya juga harus diikuti dengan doa yang tiada putus-putusnya kepada Yang Maha Kuasa. Begini bacaan doa agar mendapat pekerjaan:

"Allaahummaghfir lii dzanbii, wa wassi' khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni'nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu 'annii."

Artinya : "Ya Allah, ampunilah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku". (HR. Ibnu An-Najjar)

Bacaan doa agar mendapat pekerjaan tersebut juga bisa disambungkan dengan bacaan doa di bawah ini:

"Allaahummaftah 'alainaa abwaabal khairi wa abwaabal barakati wa abwaaban ni'mati wa abwaabal quwwati wa abwaabashshihhati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannati. rabbanaa aatinaa min ladunka rahmatan wa hayyi' lanaa min amrinaa rasyadaa. bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah."

Artinya: Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.