Sukses

Manfaat Tak Terduga Merapikan Kamar Tidur Sepulang Libur Lebaran

Manfaat kesehatan di balik merapikan kamar tidur sepulang mudik dan libur panjang Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Kamar tidur yang ditinggal satu minggu lebih selama libur panjang Lebaran perlu dibersihkan sebelum kembali digunakan. Membersihkan kamar tidur bisa menjadi pintu gerbang agar tidur menjadi lebih berkualitas.

"Kamar tidur yang kotor dikaitkan dengan peningkatan kortisol dan tingkat stres. Jadi itu jelas bukan sesuatu yang Anda inginkan di tempat tidur," kata ahli decluterring (ahli merapikan rumah) Tracy McCubbin, dikutip dari Mind and Body Green, Rabu (12/6/2019).

Bagi orang yang menderita kecemasan dan insomnia ternyata merapikan kamar tidur punya manfaat besar. Tidur jadi lebih nyenyak. Berikut ini cara merapikan kamar tidur beserta manfaat kesehatannya.

1. Ganti dengan barang yang nyaman

Pendiri New Minimalism di San Francisco, Kyle Quilici mengatakan, Anda harus memulai merapikan benda-benda yang Anda lihat ketika tidur.

"Apa yang Anda lihat ketika tidur di kamar? Hal-hal yang tidak menenangkan di dalam kamar tidur, seperti meja yang berantakan, monitor komputer atau televisi kotor, kalender atau peralatan olahraga. Semua barang ini mengganggu ketenangan tidur," kata Kyle. Sebagai gantinya, pilihlah karya seni atau foto lain.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rapikan buku

2. Rapikan buku

"Jika Anda termasuk orang yang senang membaca banyak buku sekaligus, bagus untuk Anda! Namun, jika Anda tidak aktif membaca, saatnya mengembalikannya ke rak buku," kata McCubbin.

3. Pindahkan barang dari kamar tidur

"Kamar tidur Anda bukan lemari arsip. Semakin sedikit barang di kamar tidur, semakin sedikit hormon stres yang akan muncul. Anda semakin mudah tidur di malam hari," McCubbin menambahkan.

Jika barang-barang di kamar tidur bisa dipindahkan ke ruangan lain, maka lebih baik simpan saja di sana. Hal ini memudahkan Anda tidur.

3 dari 3 halaman

Singkirkan Barang dari Bawah Tempat Tidur

 

Sebagian besar dari kita mungkin menggunakan ruang di bawah tempat tidur sebagai tempat penyimpanan. Hal tersebut memengaruhi

"Benda-benda di bawah tempat tidur dapat mewakili dan menciptakan blok alam bawah sadar dalam hidup," kata arsitek interior dan perancang feng shui, Anjie Cho. "Anda menghabiskan berjam-jam hidupmu di tempat tidur. Sebagian besar waktu ini dihabiskan dalam kondisi tidur pasif, yang mana Anda sangat terpengaruh dan menyerap energi di sekitarmu."

Ahli feng shui lain, Marianne Gordon melihat banyak klien menaruh barang di bawah tempat tidur.

"Aku punya klien yang menyimpan semua berkas pajaknya dari 15 tahun di bawah tempat tidurnya. Coba tebak apa yang dia keluhkan? Tagihan, tenggelam dalam urusan administrasi, dan segala macam masalah pajak," ujar Marianne.

Begitu ia menghapus berkas pajaknya dari bawah tempat tidurnya akhirnya ia merasa beristirahat dengan tenang dan menghasilkan lebih banyak uang dengan bisnisnya secara lancar.

"Lakukan yang terbaik untuk membuat kamar tidur bersih. Taruh selimut yang lembut dan bersih," tambah Marianne.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.