Sukses

Jelang Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Arus Lalu Lintas Tol Jabotabek dan Jabar Meningkat

Lalu lintas di sekitar Tol Jabotabek dan Jawa Barat (Jabar) mengalami peningkatan pada H-1 atau pada Rabu 8 Mei 2024 periode libur panjang cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus mulai Kamis 9 Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Lalu lintas di sekitar Tol Jabotabek dan Jawa Barat (Jabar) mengalami peningkatan pada H-1 atau pada Rabu 8 Mei 2024 periode libur panjang cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus mulai Kamis 9 Mei 2024.

"Total sebanyak 114.892 kendaraan atau meningkat 9,37 persen dibanding volume lalu lintas transaksi normal, yaitu 105.052 kendaraan transaksi yang meninggalkan Jabotabek menuju Bandara International Soekarno Hatta melalui dua gerbang tol (GT)," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satriya, mengutip Antara, Kamis (9/5/2024).

Dia menjelaskan, peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Cengkareng sebesar 6,70 persen atau sebanyak 84.939 kendaraan dibanding dari lalu lintas normal sebanyak 79.603 kendaraan jelang libur panjang seperti saat ini.

"Sedangkan peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Benda Utama sebesar 17,70 persen atau sebanyak 29.953 kendaraan dari volume lalu lintas transaksi normal sebanyak 25.449 kendaraan," papar Panji.

Sementara itu, lanjut dia, di wilayah Jawa Barat, ada total sebanyak 134.903 kendaraan atau meningkat 2,45 persen dibanding volume lalu lintas transaksi normal, yaitu 131.673 kendaraan transaksi di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya yang melalui jalan tol ruas Padaleunyi.

"Adapun lalu lintas terdistribusi melalui dua gerbang tol (GT) dengan rincian untuk GT Cileunyi Jalan Tol Padaleunyi tercatat sebanyak 31.582 kendaraan menuju Bandung atau Jakarta melalui GT Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi di GT tersebut lebih rendah 24,54 persen dari lalin normal yaitu sebanyak 41.851 kendaraan," beber Panji.

Sedangkan, lanjut dia, volume lalu lintas transaksi dari arah Bandung atau Jakarta menuju Rancaekek atau Sumedang melalui GT Cileunyi tercatat 31.412 kendaraan atau meningkat 14,64 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 27.400 kendaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lalin di GT Lainnya

Sementara itu, volume lalu lintas transaksi GT Pasteur (masuk) meninggalkan Kota Bandung tercatat 31.913 atau meningkat 10,44 persen dari lalu lintas normal sebanyak 28.897 dan volume lalu lintas transaksi yang menuju Kota Bandung melalui GT Pasteur tercatat 39.996 kendaraan atau meningkat 19,30 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 33.525 kendaraan.

Masyarakat diimbau agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan.

Sebelumnya, pada 9 Mei 2024 ada sejumlah peringatan baik dari nasional dan internasional. Pada 9 Mei 2024, ada hari libur nasional untuk memperingati Kenaikan Yesus Kristus yang merupakan hari besar keagamaan umat Kristen.

Penetapan tersebut sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) No. 855/2023, No. 3/2023, dan No. 4/2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Penetapan tanggal 9 Mei 2024 sebagai hari libur nasional melalui SKB 3 Menteri mengikuti Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-Hari Libur.

Pemerintah Indonesia menetapkan hari libur nasional dengan mempertimbangkan perayaan keagamaan dan hari-hari penting lainnya. Keppres ini menjadi dasar hukum bagi penentuan hari libur nasional, memastikan masyarakat Indonesia memiliki waktu untuk merayakan momen keagamaan dan hari penting lainnya.

Selain itu, ada perubahan nomenklatur dari Kenaikan Isa Almasih menjadi Kenaikan Yesus Kristus terjadi pada Januari 2024 yang mengikuti Keppres Nomor 8 Tahun 2024. Perubahan ini menunjukkan upaya pemerintah untuk lebih spesifik dalam penamaan hari libur keagamaan bagi umat Kristen.

Adapun peringatan Hari Kenaikan Yesus Kristus yakni 40 hari setelah Paskah. Selain hari libur nasional di Indonesia, peringatan Hari Kenaikan Yesus Kristus juga sebagai hari libur di Austria, Belgia, Denmark, Jerman, Prancis dan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Peringatan Hari Libur Lainnya

Mengutip National Today, pada 9 Mei juga ada peringatan Hari Kesadaran Kesehatan Mental Anak. Ini merupakan acara tahunan yang diadakan pada Kamis pekan pertama Mei.

Peringatan Hari Kesadaran Kesehatan Mental Anak ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental setiap anak. Terlebih lagi kesehatan mental anak-anak.

Menurut data dari C.D.C, satu dari enam anak berusia antara 2-8 tahun mengalami gangguan mental atau perilaku. Anak merupakan hal paling berharga di dunia. Anak-anak dengan penyakit mental yang serius dan gangguan emosi yang parah memerlukan perawatan dan pengobatan penuh waktu.

Bahkan keluarga dari anak itu membutuhkan bantuan untuk mengatasi situasi tersebut.

"Ini adalah hari untuk membantu mereka dengan mendorong mereka menjalani terapi," demikian dikutip.

Kondisi seperti ADHD serta gangguan kecemasan dan perilaku dapat didiagnosis dan diobati untuk membantu anak memiliki kehidupan yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.