Sukses

Hasil Timnas Indonesia vs Guinea: Kecolongan Penalti, Garuda Muda Tertinggal 0-1 di Babak Pertama

Timnas Indonesia U-23 dan Guinea bertemu pada play-off Olimpiade Paris 2024 di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024) mulai pukul 20.00 WIB. Pada 45 menit pertama, Garuda Muda tertinggal 0-1.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 dan Guinea bertemu pada play-off Olimpiade Paris 2024 di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024) mulai pukul 20.00 WIB. Pada 45 menit pertama, Garuda Muda tertinggal 0-1.

Nakhoda timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong tidak bisa menurunkan Rizky Ridho dan Justin Hubner karena berbagai alasan. Sebagai gantinya, nakhoda asal Korea Selatan ini mendahulukan Mohammad Ferrari, Komang Teguh, dan Nathan Tjoe-A-On. 

Kejutan lain hadir di sisi kanan pertahanan. Bagas Kaffa masuk tim utama setelah tidak diturunkan sama sekali pada Piala Asia U-23 2024.

Di sisi lain, Guinea menurunkan komposisi terbaik demi meraih kemenangan. Mantan wonderkid Barcelona Ilaix Moriba jadi starter, begitu pula Algassime Bah dan Aguibou Camara.

Jalan Pertandingan Indonesia vs Guinea:

Pertandingan dimulai. Indonesia memakai seragam putih-putih dengan Guinea memakai merah-kuning. Francois Letexier dari Prancis bertindak sebagai wasit.

Meski dikabarkan berlangsung tertutup, penonton tetap hadir di tribune stadion. Terlihat Presiden FIFA Gianni Infantino, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari hadir.

Pertandingan berusia 10 menit. Guinea menguasai bola dan dengan sabar coba menembus pertahanan Indonesia. Garuda Muda berusaha sesekali melancarkan serangan balik.

Tendangan bebas kreatif Indonesia menciptakan situasi berbahaya di pertahanan Guinea. Sayang tidak berbuah gol.

Pratama Arhan dalam posisi bebas di sisi kanan pertahanan Guinea. Dia mengecoh bek lawan untuk menembak dengan kaki kanan. Sayang itu bukanlah kekuatan utama Pratama Arhan sehingga usahanya bisa mudah dimentahkan kiper Guinea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gol Guinea ke Gawang Timnas Indonesia U-23

Laga terhenti karena Witan Sulaeman membutuhkan perawatan, setelah kepalanya terbentur lawan. Setelah dibalut, kapten Indonesia itu bisa kembali bermain. 

Lemparan ke dalam Pratama Arhan menciptakan situasi berbahaya. Namun, Guinea bisa mengatasi dan melancarkan serangan balik.

Witan Sulaeman hanya bisa melakukan pelanggaran di area terlarang sehingga menghasilkan penalti. Guinea tidak membuang kesempatan dengan Ilaix Moriba membawa negaranya memimpin di menit ke-29.

Nathan Tjoe-A-On salah umpan sehingga Komang Teguh melakukan pelanggaran. Dari tendangan bebas, usaha Ousmane Camara melenceng tipis dari gawang Ernando Ari.

Timnas Indonesia terus dalam tekanan Guinea di sisa babak pertama. Beruntung tidak ada yang berbuah gol kedua bagi lawan, dengan Algassime Bah membuang kesempatan emas.

Susunan Pemain

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari, Muhammad Ferrari, Nathan Tjoe-A-On, Komang Teguh, Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick

Guinea (4-3-3): Soumaila Sylla, Ibrahim Diakite, Saidou Sow, Mohamed Soumah, Madiou Keita, Issiaga Camara, Ilaix Moriba, Aguibou Camara, Ousmane Camara, Algassime Bah, Facinet Conte

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.