Sukses

Cegah Zat Makanan Berbahaya di Bulan Ramadan, Pasar Jaya Senen Disidak Petugas

Fokus, Jakarta - Guna mencegah peredaran bahan makanan mengandung zat kimia berbahaya selama bulan Ramadan, petugas gabungan, pada Jumat siang kemarin menggelar inspeksi mendadak di Pasar Jaya Senen, Jakarta Pusat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (11/5/2019), inspeksi mendadak bahan pangan dilakukan petugas BPOM DKI Jakarta bersama Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI di blok 3 Pasar Jaya Senen. 

Sejumlah produk makanan dan bahan pangan diambil sampelnya untuk diperiksa di labolatoruim mobil. Dari 35 jenis makanan yang diuji hasilnya aman atau tidak ditemukan kandungan zat berbahaya.

Selain makanan, petugas juga memantau stabilitas harga daging serta barang pokok lainnya yang naik saat Ramadan. Inspeksi serupa akan terus dilakukan hingga saat lebaran mendatang.

"Ini cuma karena ada kurang pasokan saja, kenaikan juga tidak banyak, masih dianggap tidak jauh dari harga biasa ya," ucap Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi.

Sementara, tim gabungan Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama Dinas Kesehatan juga melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional yang menjual sajian buka puasa di kawasan Tanjung Priok. 

Sajian menu buka puasa yang dijajakkan diperiksa petugas yang dipimpin langsung Wali Kota Jakarta Utara Syamsudin Lologau. Meski dari hasil uji lab petugas tidak menemukan zat-zat berbahaya, warga diimbau untuk tetap memperhatikan tampilan fisik makanan maupun minuman sebelum membeli.