Sukses

Rahasia Tetap Bugar Saat Jalani Puasa Ramadan

Sudah seminggu lebih berpuasa, tubuh jangan lagi loyo dan lemas. Puasa tidak menjadi alasan untuk tak memperhatikan penampilan kita.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani puasa Ramadan pastinya memiliki tantangan tersendiri. Apalagi saat awal-awal puasa, tubuh kita masih beradaptasi untuk menjalankannya.

Tubuh loyo dan lemas lantaran baru beradaptasi menjalankan ibadah puasa, tidak menjadi alasan untuk tak memperhatikan penampilan kita.

Saat puasa Ramadan, kita tetap bisa tampil cantik dan bugar. Pastinya, tidak dengan cara yang berlebihan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap prima saat Ramadan.

Pertama, jangan pernah mengabaikan sahur. Sahur sangatlah penting agar tubuh bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas seharian.

Sahur juga penting untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas selama Anda menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Menu sahur yang sehat sebaiknya mengandung protein dan serat, sehingga mampu membuat perut tetap kenyang lebih lama.

Protein didapat dari daging rendah lemak, telur, kacang, dan susu. Kemudian, serat bisa didapat dari buah dan sayuran.

Hindari menu sahur berupa goreng-gorengan, kuah bersantan, dan makanan berlemak. Selain tidak sehat, makanan tersebut juga bisa membuat cepat haus saat menjalankan ibadah puasa.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Selanjutnya

Tips kedua, usahakan tidak kembali tidur usai salat Subuh. Keluarlah dari rumah dan hirup udara dalam-dalam untuk mendapatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh dan otak.

Cahaya matahari sangat kaya akan vitamin D yang bisa memperkuat tulang. Manfaat lain adalah untuk merangsang pelepasan hormon endorfin yang bisa meningkatkan mood baik.

Tips terakhir adalah menjaga kesegaran dan kebersihan mulut. Tetaplah menggosok gigi saat berpuasa. Sisa-sisa makanan akan menempel di sela-sela gigi dan menjadi plak jika tidak dibersihkan.

Menggosok gigi akan membuat gigi terlihat putih dan bersih, mengatasi bau mulut, serta meningkatkan kepercayaan diri. Tambahkan obat kumur bila diperlukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.