Sukses

5 Keistimewaan Bulan Ramadan yang Tak Ada di Bulan Lainnya

Jakarta Beribadah tak selalu dapat berjalan mulus. Setiap kebaikan pasti memiliki ujian. Sama seperti berpuasa, Mungkin masih saja ada yang berpikir untuk tidak ingin menjalankan ibadah wajib ini. Namun, tahukah Anda bila bulan Ramadan memiliki beberapa keistimewaan? Mari simak artikel berikut ini agar kita dapat lebih bersemangat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini.

Bulan Ramadan ini punya banyak kelebihan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Biar Ramadan 2018 kali ini bisa lebih baik lagi, mari kita simak sejumlah keutamaan bulan Ramadan berikut ini. Setelah mengetahui keutamaan dan keistimewaan ini, menjalankan ibadah puasa pun akan lebih semangat lagi.

1. Ada Malam Seribu Bulan

Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang juga disebut malam seribu bulan ini adalah malam yang mulia. Kita bisa mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan. Hiasi malam-malam bulan Ramadan kita (khususnya di 10 hari terakhir) dengan lebih banyak beribadah agar bisa mendapatkan malam seribu bulan ini.

2. Bulan Diturunkannya Alquran

Bulan Ramadan sungguhlah bulan yang mulia. Pada bulan ini, Alquran diturunkan. Seperti yang disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 185, "Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturnkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda)."

3. Bulan Dikabulkannya Doa-Doa

Manfaatkan bulan Ramadan 2018 kali ini dengan memanjatkan doa-doa dan harapan-harapanmu. Jalankan ibadah puasa dengan baik, lakukan ibadah wajib dan sunah, perbanyak bacaan Alquran. Selain bisa mendapat banyak pahala, di bulan Ramadan ini peluang doa-doa dikabulkan akan lebih besar.

4. Setiap Amal Akan Dilipatgandakan Nilainya

Setiap kebaikan pasti akan diganjar pahala. Khusus di bulan Ramadan, setiap amalan dan ibadah yang kita lakukan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda. Ditambah lagi ada banyak ibadah dan amalan istimewa yang hanya ada di bulan Ramadan, seperti salat tarawih dan memberi makan orang yang berbuka puasa, sehingga ada lebih banyak amal dan ibadah yang bisa kita lakukan untuk mendapat pahala berlipatnya.

5. Bulan yang Penuh Berkah

Berkah Ramadan secara garis besar bisa dibagi tiga, yaitu 10 malam pertama yang merupakan periode penuh rahmat Allah, 10 hari kedua yang berisi banyak maghfirah (ampunan), dan 10 hari terakhir sebagai periode pembebas manusia dari api neraka. Dengan kata lain, setiap harinya selama sebulan penuh selalu ada berkah yang bisa kita dapatkan.

Keistimewaan bulan Ramadan memang benar-benar indah,bukan. Semoga kita juga bisa mendapat banyak pahala dan berkah di bulan yang mulia ini.

Sumber: Vemale

Reporter: Endah Wijayanti

Loading