Sukses

Punya Penyakit Hati, Bolehkah Ikut Puasa Ramadan?

Bagi orang yang punya penyakit hati dan ingin puasa, sebenarnya boleh atau tidak untuk puasa.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan penyakit hati memang harus berhati-hati untuk menjalankan ibadah puasa. Apalagi seseorang yang mengalami kegagalan hati berupa sirosis hati-- kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang (kronis)--dan fibrosis hati--jenis hepatitis atau radang pada hati sebagai upaya menyembuhan luka pada hati.

Dalam acara konferensi pers "Transplantasi Hati" di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Andri Sanityoso dari IPD Divisi Gastroenterologi Hepatologi RSCM Jakarta mengatakan, puasa pada orang dengan sirosis hati dapat membahayakan tubuhnya.

"Mereka bisa mengalami malnutrisi (kekurangan nutrisi) pada tubuhnya. Daya tahan tubuh untuk survive (bertahan) akan berkurang. Tubuh perlu asupan makanan yang cukup setelah operasi transplantasi hati," Andri menjelaskan dengan rinci, ditulis Selasa (8/5/2018).

Meski begitu, ada pengecualian bagi orang dengan kondisi tahap awal sirosis hati atau belum terlalu parah. Individu tersebut diperbolehkan puasa bila memungkinkan. Asalkan tidak memaksakan diri.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendonor dan resipien

Toar J.M Lalisang dari Departemen Medik Ilmu Bedah RS Cipto Mangunkusumo Jakarta ikut menambahkan, para pendonor dan resipien (penerima) hati juga diperbolehkan puasa.

"Puasa memang dapat menurunkan berat badan, tapi selama hati mampu berfungsi baik. Tidak masalah kok puasa," Toar menambahkan.

Seperti dialami Rodi Susilo (40), yang menjalani transplantasi hati pada September 2015. Setelah menjalani transplantasi, ia berpuasa. Rodi mengaku, tidak mengalami sakit atau kondisi parah saat puasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.