Sukses

Fadli Zon: Sudah Tepat Bawaslu Hentikan Kasus Mahar Sandiaga

Fadli Zon menegaskan selama ini kasus mahar itu sudah dia anggap selesai. Sebab, kata Fadli, Sandiaga Uno memang tidak pernah memberikan mahar pada siapa pun.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menghentikan tindak lanjut kasus dugaan mahar bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno kepada PAN dan PKS sebesar Rp 500 Miliar. Kasus itu dihentikan karena tidak dapat dibuktikan.

Mendengar hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai keputusan itu sudah tepat. Menurutnya, memang tidak ada pemberian mahar dari mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu pada PKS dan PAN.

"Saya kira memang sudah tepat begitu, memang tidak ada apa-apa," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Fadli menegaskan, selama ini kasus mahar itu sudah ia anggap selesai. Sebab, dia menambahkan, Sandiaga memang tidak pernah memberikan mahar pada siapa pun.

"Selama ini saya kira masalah itu sudah selesai dari awal, emang enggak ada apa-apa kok," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Pelanggaran Pemilu

Diketahui, Bawaslu memutuskan tidak menindaklanjuti laporan dugaan mahar politik Rp 1 triliun dari bakal cawapres Sandiaga Uno ke PAN dan PKS. Dalam putusannya, Bawaslu menyatakan dugaan tersebut tidak dapat dibuktikan secara hukum.

"Bahwa terhadap pokok laporan nomor 01/LP/PP/RI/00.00/VIII/2018 yang menyatakan diduga telah terjadi pemberian imbalan berupa uang oleh Sandiaga Uno kepada PAN dan PKS pada proses pencalonan Presiden dan Wakil Presiden tidak dapat dibuktikan secara hukum," ujar Ketua Bawaslu Abhan dalam keterangan resminya.

Bawaslu juga memutuskan bahwa tidak ada dugaan pelanggaran pemilu dalam kasus tersebut. Keputusan ini diambil Bawaslu setelah memeriksa pelapor dan saksi.

Reporter: Sania Mashabi

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.