Sukses

Sandiaga Klaim Bisa Atasi Keluhan Emak-Emak soal Harga Bahan Pokok

Setelah menjadi bakal cawapres, Sandiaga mengaku ingin menerapkan sistem tersebut ke seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno menolak berkomentar soal polemik pidato kenegaraan Ketua MPR Zulkifli Hasan soal titipan emak-emak ke Presiden Joko Widodo.

Namun, Sandiaga mengaku telah menerapkan program untuk membantu keluhan emak-emak soal tingginya harga bahan pokok saat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Semisal, mengamankan pasokan bahan pangan dan mempermudah distribusinya ke masyarakat. Setelah menjadi bakal cawapres, Sandiaga mengaku ingin menerapkan sistem tersebut ke seluruh Indonesia.

"Kita punya solusi kemarin di DKI kita menghadirkan solusi untuk emak-emak, kita amankan pasokan, kita sederhanakan rantai distribusi dan kita buat sistem distribusinya itu terbuka dan berkeadilan. Dengan itu harga-harga di Jakarta terjangkau," kata Sandiaga di sebuah cafe di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Sandiaga bercerita, mendapatkan keluhan dari emak-emak ketika blusukan ke lapangan. Dia menilai aspirasi dari emak-emak perlu ditampung dan diselesaikan lewat program kerja.

"Ibu-ibu ini suaranya perlu kita dengar aspirasinya, jadi kita angkat ini di level nasional dan internasional, mudah-mudahan menjadi pemikiran bersama kita," sambung Sandiaga.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Solusi

Kendati demikian, mantan Wagub DKI ini berharap polemik pidato Zulkifli Hasan tidak berlanjut. Dia meminta semua pemangku kepentingan lebih mencari solusi untuk mengatasi kesulitan emak-emak.

"Kalau ekonomi semua sudah tahu. Jadi kita gunakan kesempatan ini untuk bersatu cari solusinya gimana," tandas Sandiaga.

Sebelumnya Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan membacakan pidato dalam sidang tahunan MPR-DPR-DPD, Kamis (16/8/2018). Dalam pidatonya, Zulkifli sempat menyampaikan soal aspirasi emak-emak kepada Presiden Joko Widodo.

Zulkifli mengatakan, emak-emak di Indonesia menginginkan agar harga kebutuhan pokok lebih terjangkau. Hal ini agar emak-emak bisa memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

"Bapak presiden ini titipan emak-emak titipan rakyat Indonesia agar harga harga terjangkau," kata Zulkifli.

Reporter: Renald Ghiffari

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.