Sukses

Polri: Buruh Longmars Kawal Prabowo Jangan Sampai Ganggu Asian Games

Pada dasarnya pengawalan buruh terhadap Prabowo sah-sah saja selama tidak mengganggu kemaslahatan umum.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu buruh dikabarkan akan mengawal Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendaftar sebagai cawapres ke KPU pada Jumat, 10 Agustus 2018. Kabarnya, puluhan ribu buruh dari berbagai daerah itu juga telah longmars atau jalan jauh menuju Jakarta.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengingatkan agar kegiatan buruh tersebut tidak menggangu gelaran Asian Games 2018 dan juga ketertiban masyarakat.

"Kita imbau mereka tidak usah ngawal-ngawal begitu. Kalau cuma dari Tugu Proklamasi ke KPU sih wajar tidak menganggu, tapi kalau sampai menutup jalur Asian Games sangat disayangkan," ujar Setyo di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Setyo menuturkan, pada dasarnya pengawalan tersebut sah-sah saja selama tidak mengganggu kemaslahatan umum. Menurut dia, kepolisian telah melakukan mediasi agar aktivitas tersebut tidak mengganggu pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan sekitarnya.

"Teman-teman dari jajaran intelijen maupun dari Sabhara sudah mulai melakukan pendekatan ke mereka para buruh, mengimbau, memediasi, memberikan penjelasan, bahwa ini kebaikan untuk bangsa," ucapnya.

Memang Asian Games baru dibuka secara resmi pada 18 Agustus 2018. Namun, kontingen dari berbagai negara peserta Asian Games sudah mulai berdatangan jauh sebelum tanggal tersebut.

Apalagi beberapa cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan pada 10 Agustus mendatang. "Yang pasti tanggal 10 sudah mulai pertandingan. Jadi, kita sudah mulai pengamanan, sebetulnya sudah siap dari tanggal 1 kemarin," kata Setyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diantar 50 Ribu Buruh

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono mengatakan, Prabowo dan cawapres pilihannya akan diantar sekitar 50 ribu buruh mendaftar ke KPU. Buruh yang melakukan longmars dari Jawa Tengah diklaim sudah sampai di kawasan Jawa Barat.

Dia menyebut, puluhan ribu buruh tersebut siap memadati Jakarta. Ia pun meminta masyarakat untuk memaklumi antusiasme para buruh jika nanti menimbulkan kemacetan di beberapa titik jalanan Ibu Kota.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.