Sukses

Pemkot Batam Belajar Pelaksanaan Pemilu saat Pandemi COVID-19 Kepada Singapura

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mempelajari pelaksanaan pemilihan umum saat pandemi COVID-19 di Singapura.

Pjs Wali Kota Batam Syamsul melakukan pertemuan dengan Konjen Singapura di Batam Mark Low untuk menyerap informasi mengenai pelaksanaan pemilu yang aman.

"Singapura melaksanakan pemilu Juni lalu, kami ingin tahu apa standar yang mereka jalankan sehingga tetap terbebas dari COVID-19," kata Syamsul Bahrum di Batam, Rabu, 12 Oktober 2020.

Berdasarkan perbincangannya dengan Mark Low, pelaksanaan pilkada di sana relatif sama dengan yang diterapkan di Indonesia.

Pemerintah Singapura mengkategorikan pemilih berdasarkan usia saat hari pemilihan berlangsung. Warga lanjut usia melakukan pemilihan pada pagi hari, kemudian mereka yang sehat memilih pada siang hari.

"Bahkan, mereka sedang dikarantina, pemilihan dilakukan di tempat mereka di karantina. Kalau di Batam, karantina kita di RSKI misalnya, setidaknya harus ada TPS di sana," kata dia seperti dikutip dari Antara.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Terus Imbau Lakukan Protokol Kesehatan

Pemerintah Singapura juga terus melakukan imbauan agar warga tetap menjalani protokol kesehatan.

"Mereka informasikan terus menerus, bahwa pemilihan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat, hampir sama dengan yang kita buat," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: