Sukses

Gerindra Akan Dukung Gibran di Pilkada Solo?

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra membuka peluang mendukung putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Wali Kota Solo. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Achmad Muzani mengatakan, Gerindra tidak akan menutup ruang bagi Gibran untuk berkontestasi di Pilkada Solo.

"Kita akan lihat situasi dan kondisi di sana, kekuatannya bagaimana, situasinya bagaimana dan semuanya serba terbuka. Tentu siapa pun kita mendudukkan itu sama, kan akhirnya rakyat Solo juga yang akan menentukan siapa calon wali kotanya," kata Muzani di DPP Gerindra, Jalan Harsono RM 54, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Menurut Muzani, Gerindra belum membahas soal peluang mendukung Gibran dengan PDI Perjuangan. Hingga kini, partainya masih menampung saran dan masukan soal sosok yang layak didukung di Pilkada Solo.

"Belum, kita masih menyaring proses dari daerah dari DPC ke DPD dan dari DPD ke DPP nanti di DPP kita akan godok proses itu termasuk putranya pak Jokowi," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Partai Demokrat Dukung Gibran di Pilkada Solo

Sebelumnya, Partai Demokrat sudah menyatakan mendukung Gibran di Pilwalkot Solo. Keputusan tersebut sesuai dengan instruksi Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto menuturkan, partainya sudah sejak lama menyampaikan dukungan tersebut kepada Gibran. Partai Demokrat Solo juga telah meminta izin kepada SBY.

"Pak SBY secara lisan telah menyampaikan dukungan itu melalui DPD Partai Demokrat Jateng. Kami konsisten sejak awal terkait dukungan kepada Mas Gibran. Jauh-jauh hari kami sudah meminta izin kepada DPP melalui DPD Jateng," ujar Supriyanto, Rabu (5/2/2020).

Supriyanto menambahkan, komitmen untuk mendukung putra sulung Presiden Jokowi tersebut sudah dilakukan sejak enam bulan lalu. Pihaknya juga sudah mensosialisasikan ke struktur dari tingkat kota, kecamatan, PAC hingga ranting untuk mendukung Gibran.

Dia mengklaim dukungan terhadap Gibran dilakukan tanpa syarat. Partainya hanya menginginkan sebuah pemerintah yang fresh. Gibran dinilai sebagai sosok muda, sehingga program yang dibuat bisa cepat berjalan dan tepat sasaran.

"Kami sudah meyakinkan masyarakat bahwa Mas Gibran mampu untuk memimpin pemerintahan di Solo," katanya.

Reporter : Ronald

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sekjen Gerindra: Kader Berharap Prabowo Nyapres Lagi
Artikel Selanjutnya
Soal Pilpres 2024, Desmond Gerindra: Prabowo Presiden, Anies Wapresnya