Sukses

KPU Jaktim Rampungkan Rekapitulasi Suara di Dua Kecamatan

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur masih melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Serentak 2019.

Hingga kini, sudah ada dua kecamatan yang sudah rampung dilakukan penghitungan suara, yakni Matraman dan Ciracas.

"Sudah dua kecamatan yang berhasil dihitung, Ciracas semalam, Alhamdulilah tanpa hambatan. Matraman barusanrekapitulasi," kata Ketua KPU Jakarta Timur Wade Wardana kepada wartawan di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Wage mengatakan, penghitungan suara di dua kecamatan tersebut berjalan lancar dan melibatkan semua saksi peserta pemilu serta tokoh masyarakat sekitar.

"Kami sudah menunujukkan bahwa KPU datanya sangat valid, sangat terbuka dan akuntabel. Selanjutnya kami ke Kecamatan Pasar Rebo," ujarnya.

Sementara, Mahmud, seorang tokoh masyarakat Ciracas yang turut mengawasi dan memantau jalannya rekapitulasi suara memberikan apresiasi atas pelaksanaan pemilu 2019 ini.

"Kami bersyukur pemilu 2019 ini berlangsung tanpa adanya masalah sedikit pun. Proses rekapitulasi berjalan transparan, jujur, adil, dan demokratis," kata Mahmud.

Menurut Mahmud, dukungan dari semua pihak membuat perayaan pesta demokrasi ini berjalan lancar. Hingga memasuki rekapitulasi di tingkat kota, gejala-gejala yang sebelumnya dikhawatirkan sama sekali tak terlihat.

"Karena kami yakin, semua warga khususnya di wilayah Ciracas, Jakarta Timur, ingin hidup aman dan damai," ujarnya.

Mahmud menambahkan, kinerja polisi, TNI, KPU hingga Bawaslu, harus mendapat apresiasi lebih dalam mengamankan jalannya pemilu. Semua unsur yang hingga kini masih terus bertugas dalam perhitungan suara di siang danmalam hari, terus dikorbankan di pesta demokrasi ini.

"Apalagi adanya korban dari anggota KPPS yang kelelahan adalah perjuangan mereka untukmenjaga pemilu 2019 ini," terangnya.

 

2 dari 3 halaman

Rekapitulasi Situng KPU

Sebelumnya, KPU saat ini tengah melakukan penghitungan suara real count Pemilu 2019, baik itu Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg).

Pasangan capres cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin sampai sore ini masih memimpin suara real count sementara dari pesaingnya pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berikut hasil real count sementara dari Situng KPU pukul 17.15 WIB, dengan suara masuk 590.621 dari 813.350 TPS (72.61585%), adalah sebagai berikut:

Nomor Urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin: 56,16 persen atau 62.497.119 suara.

Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 43,84 persen atau 48.778.268 suara.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rapat Pleno KPU Jabar Dimulai, Prabowo-Sandi Menang di Tasikmalaya
Artikel Selanjutnya
KPU: Baru Provinsi Gorontalo yang Selesaikan Rekapitulasi Surat Suara