Sukses

KPU: Belum Semua Surat Suara Disebar ke Daerah

Untuk surat yang rusak, kata Hasyim, saat ini sedang dilakukan penggantian oleh KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengaku masih ada surat suara yang belum dikirim ke daerah. Salah satunya di Sulawesi Barat.

"Di Sulawesi Barat ada yang masih dalam pencetakan. Satu-dua hari ini akan sampai di kabupaten kota," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

Selain itu,  Jawa Tengah juga masih kurang mendapatkan surat suara sebanyak 3.342.9870 di 35 kabupaten/kota dari total kebutuhan 142 juta surat suara.

"Belum sampai (semua) mungkin, nanti kami cek. Per hari kemarin kan ya, siapa tahu laporannya kemarin. Kurang dalam arti memang belum-belum sampai semua," jelasnya.

Surat yang rusak pun tengah diganti oleh KPU.

"Secepat mungkin (penggantian surat suara), karena paling enggak tanggal 10 sudah di kecamatan. Terutama daerah-daerah yang karakternya lautan dan kepulauan," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiapkan Jauh Hari

Menurut dia, proses cetak ulang untuk penggantian surat suara rusak sudah disiapkan sejak jauh hari pencoblosan bisa berjalan dengan baik.

"Ini kan yang sudah disiapkan sejak awal, setelah disortir kualitas surat suara macem-macem yang kemudian kita mencoba menghindari supaya tidak menimbulkan problematika ketika digunakan di TPS," ucapnya.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.