Sukses

DPR Minta KPU Efektifkan Sosialisasi Pemilu Serentak ke Publik

KPU terus didorong agar lebih intens melakukan sosialisasi Pemilu Seretak. Misalnya melibatkan elemen masyarakat dan organisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilu serentak yang akan digelar pada 17 April 2019 secara maksimal.

"Kami serahkan ke KPU bagaimana cara efektif, efisien dan cepat agar dimengerti oleh masyarakat. Secara teknis tanggung jawab KPU," kata Riza kepada wartawan di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Menurut dia, sosialisasi pemilu 2019 ke masyarakat sudah menjadi tugas KPU di samping menjadi tugas para partai politik. Namun, untuk partai politik sosialisasinya sesuai anggaran partai masing-masing.

"Cara mencoblos dan cara lainya itu dilakukan oleh para caleg dan para caleg itu mencetak contoh surat suara untuk melakukan soliasisasi," ujar Anggota Fraksi Partai Gerindra itu.

Sejauh ini, Riza menilai sosialisasi pemilu yang dilakukan oleh para caleg lebih berdampak dibandingkan dengan KPU.

"Caleg itu jumlahnya banyak sekali ribuan caleg dari setiap partai. Artinya, KPU dan caleg harus terus meningkatkan sosilisasikan pemilu 2019 ini," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Elemen Masyarakat

Oleh karena itu, Riza terus mendorong KPU lebih intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Misalnya dengan melibatkan elemen masyarakat, organisasi atau elemen lain karena dana yang diberikan juga cukup besar.

"Sejauh ini sudah cukup bagus, cuma KPU harus terus meningkatkan kinerjanya dengan efektif dan efisien," kata dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.