Sukses

KPU Boyolali Terima Ratusan Ribu Surat Suara Pemilu 2019

 

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali Jawa Tengah telah menerima pengiriman ratusan ribu lembar surat suara anggota legislatif khusus anggota DPR RI untuk persiapan Pemilu 2019 yang akan digelar di Boyolali pada 17 April 2019.

Ratusan ribu surat suara untuk Pemilu Legislatif 2019 tersebut diterima langsung Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, dari sebuah perusahaan percetakan di Kantor KPU Boyolali, Minggu petang.

Menurut Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin surat suara yang diterima baru sebanyak 650.000 lembar untuk pemilihan anggota legislatif khusus DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Jateng.

Sebanyak 650.000 lembar surat suara yang dikemas dalam 1.300 "boks" tersebut hanya untuk pemilihan DPR khusus Dapil 5 saja, sedangkan kekurangannya, KPU Boyolali masih menunggu pengiriman selanjutnya dari perusahaan percetakan.

"Surat suara diangkut dengan satu unit truk kontainer, dan setibanya di gudang KPU, langsung dilakukan serah terima serta pembukaan segel," kata Ali Fahrudin seperti dilansir Antara.

Menurut dia, setiap kardus warna cokelat yang ditali tersebut berisi sebanyak 500 lembar surat suara itu, langsung dimasukkan ruang gedung KPU dengan dilakukan penjagaan ketat aparat keamanan.

Menurut dia, pihaknya saat menerima surat suara harus melakukan pengecekan untuk memastikan kondisi barang saat datang aman.

 

2 dari 2 halaman

Dikirim Bertahap

Dia mengatakan pengiriman surat suara di Boyolali dilakukan secara bertahap. Pihaknya sebelumnya juga sudah menerima surat suara untuk Pemilihan Presiden, dan kini untuk anggota Pileg yang masuk Dapil 5 DPR RI.

Menurut dia, surat suara untuk pemilihan DPR RI di Boyolali juga masih kurang 175.957 lembar, karena kebutuhannya setiap pemilihan mencapai 825.957 lembar.

KPU Boyolali untuk kekurangan surat suara segera meminta tambahan kepada KPU Pusat melalui Provinsi guna memenuhi kebutuhannya.

"Kami rencana melakukan pelipatan surat suara anggota Pileg ini, dimulai Selasa 12 Maret 2019," katanya.

KPU Boyolali sebelumnya sudah menyelesaikan kegiatan sortir dan pelipatan kertas suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019, dan menemukan 500 lembar rusak.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Ali Fahrudin, kegiatan sortir dan pelipatan surat suara Pilpres, dengan melibatkan 250 tenaga kerja sudah diselesaikan sebanyak 800.000 lembar.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Perbedaan Kartu Ma’ruf dan Sandi di Debat Cawapres
Loading
Artikel Selanjutnya
KPU NTB Coret 3 Caleg dari DCT
Artikel Selanjutnya
Kunjungi Kampus, KPU Batam Sosialisasi Pemilu 2019