Sukses

The Initiative Institute: Hanya 5 atau 6 Parpol Akan Lolos ke DPR

Liputan6.com, Jakarta - CEO dari The Initiative Institute Airlangga Pribadi memprediksi, hanya ada lima hingga enam partai politik (parpol) yang dapat lolos ke DPR pada Pileg 2019. Menurut dia, parpol lama atau parpol yang telah menjadi peserta pemilu sebelumnyalah yang lebih berpeluang untuk menembus ke Senayan.

"Lima atau enam, mungkin. Parpol lama lebih berpeluang," ujar Airlangga dalam Diskusi Kopi, Jl Raya Halimun, Jakarta Pusat, Minggu (22/7/2018).

Prediksi itu bukan tanpa alasan. Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) tersebut menjelaskan, adanya syarat ambang batas untuk masuk ke parlemen sebesar 4 persen bagi partai politik menjadi salah satu penyebabnya.

Airlangga menilai, imbas syarat tersebut, akan ada efisiensi jumlah partai politik yang menduduki kursi sebagai wakil rakyat di DPR.

"Parpol lama kan ada perhitungan 4 persen sekarang yang membuat sulit. Akan terjadi efisiensi parpol," kata Airlangga.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Survei LIPI

Sebelumnya, Survei Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), memprediksi hanya enam partai politik yang bakal masuk ke parlemen 2019 nanti. Partai tersebut yang mendapatkan elektablitas di atas empat persen ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

PDIP merupakan partai dengan elektablitas tertinggi sebesar 24,1 persen. Menyusul Partai Golkar menempati posisi kedua dengan elektablitas 10,2 persen. Urutan ketiga Partai Gerindra sebesar 9,1 persen.

"Elektablitas PDI Perjuangan paling tinggi. Dengan memasukkan hitungan margin of error, ada dua partai yang berpeluang mempunyai dukungan suara di atas 10 persen saat survei dilakukan, yaitu Partai Golkar dan Partai Gerindra," kata peneliti LIPI Wawan Ichwanudin saat memaparkan hasil survei di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis 19 Juli 2018.

Tiga partai berikutnya yang berpeluang masuk parlemen adalah PKB, PPP, dan Partai Demokrat. PKB memperoleh elektablitas 6,0 persen, PPP 4,9 persen, dan Partai Demokrat 4,4 persen.

Sedangkan, ada empat partai yang terancam keluar dari DPR, yaitu PKS, PAN, Nasdem, dan Hanura. Elektablitas PKS masih terpaut tipis dengan ambang batas di 3,7 persen. PAN cukup jauh di 2,3 persen, Nasdem 2,1 persen, dan Hanura 1,2 persen.

 

Artikel Selanjutnya
Wanda Hamidah Berharap Nasdem Adil soal Nomor Urut Caleg
Artikel Selanjutnya
Bawaslu: Bacaleg Tak Lolos Seleksi Bisa Ajukan Sengketa, tapi...