Sukses

Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional Pemilu 2024 Gas Pol, KPU Jadwalkan 4 Provinsi Malam Ini

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) terus melangsungkan rapat pleno rekapitulasi nasional pemilu 2024. Lembaga penyelenggara pemilu itu berkejaran dengan waktu untuk merampungkan pekerjaannya pada 20 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) terus melangsungkan rapat pleno rekapitulasi nasional pemilu 2024. Lembaga penyelenggara pemilu itu berkejaran dengan waktu untuk merampungkan pekerjaannya pada 20 Maret 2024.

Usai tiga provinsi diselesaikan sepanjang hari ini, Kamis (14/3/2024) yaitu Bengkulu, Sumatera Barat dan Sulawesi Utara, usai Salat Tarawih atau sekira pukul 9 malam, sebanyak empat provinsi dijadwalkan langsung diplenokan.

"Sampai dengan saat ini informasi yang kami terima ada 4 provinsi yaitu NTB, Aceh, kemudian Papua Selatan dan Jambi," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat rapat pleno panel A di ruang utama kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Hasyim menambahkan, dari empat provinsi tersebut kemungkinan yang paling dekat tiba dan bisa diikutkan dalam rekapitulasi nasional nanti malam adalah Jambi dan Aceh.

"NTB landing jam 08.00 malam, Papua Selatan landing jam 07.00 malam. Jadi kemungkinan 2 (Jambi dan Aceh)," ungkap Hasyim.

Berdasarkan informasi yang diterima, data hard copy pemilu 2024 dari Provinsi Aceh sudah tiba pukul 16.00 WIB. Sehingga, Aceh dan Jambi bisa diplenokan.

"Jadi bisa ya Aceh sama Jambi paling enggak itu yang sudah siap datang lebih awal mana. Kemudian Papua Selatan, paling akhir NTB. Semoga bisa setelah tarawih," kata Hasyim.

Hasyim mengatakan jika ada provinsi lain yang bisa ditambahkan segera diinformasikan lebih lanjut. Namun jadwal sementara hanya ada empat provinsi.

"Jadi yang potensial kita ikutkan malam ini yang pertama ada Aceh, kemudian ada Jambi dan Papua Selatan. Lalu nanti informasi kepastiannya kita info lagi. Saya kira demikian," ujar Hasyim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 25 Provinsi yang Sudah Selesai Direkapitulasi KPU RI

Sampai saat ini total provinsi yang sudah dilakukan rapat pleno nasional berjumlah 25 provinsi. Jika ditambahkan yang akan dilangsungkan malam ini, artinya ada 29 provinsi.

Berikut daftar 25 provinsi yang sudah dihitung rekapitulasi secara nasional oleh KPU RI:

1. Jogjakarta

2. Gorontalo

3. Kalimantan Tengah

4. Lampung

5. Bali

6. Kepulauan Bangka Belitung

7. Kalimantan Barat

8. Sumatera Selatan

9. Jawa Tengah

10. DKI Jakarta

11. Kepulauan Riau

12. Nusa Tenggara Timur

13. Kalimantan Selatan

14. Kalimantan Utara

15. Banten

16. Kalimantan Timur

17. Jawa Timur

18. Sulawesi Tenggara

19. Sulawesi Barat

20. Riau

21. Papua Barat

22. Bengkulu

23. Sulawesi Utara

24. Sumatera Barat

25. Sulawesi Selatan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.