Sukses

Head to Head Cawapres, Litbang Kompas: Gibran Teratas Disusul Mahfud dan Cak Imin

Litbang Kompas merilis data survei terbarunya, terkait head to head elektabilitas cawapres di Pilpres 2024. Hasilnya, Gibran Rakabuming Raka teratas dengan selisih besar dibanding kandidat lainnya, yakni Mahfud Md dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Liputan6.com, Jakarta - Litbang Kompas merilis data survei terbarunya, terkait head to head elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Hasilnya, Gibran Rakabuming Raka teratas dengan selisih besar dibanding kandidat lainnya, yakni Mahfud Md dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Gibran meraih 37,3 persen suara responden, Mahfud meraih 21,6 persen suara responden, dan Muhaimin Iskandar meraih 12,7 persen suara responden," seperti dikutip dari akun Instagram Harian Kompas, Senin (11/12/2023).

Keunggulan Gibran saat head to head antar calon wakil presiden berbanding lurus dengan keunggulan Prabowo saat head to head antar calon presiden (capres) dengan Ganjar dan Anies. Diketahui, Prabowo meraih 39,7 persen, Ganjar meraih 18,0 persen, dan Anies meraih 17,4 persen.

Unggulnya Prabowo dan Gibran saat head to head senada dengan tingginya hasil survei keduanya saat dihadapkan berpasangan. Tercatat dalam survei yang sama, Prabowo-Gibran meraih suara responden sebesar 39,3 persen, Anies-Muhaimin sebesar 16,7 persen, dan Ganjar-Mahfud 15,3 persen.

Survei dilakukan secara tatap muka pada 29 November hingga 4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden. Responden dipilih secara acak dengan menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Tingkat kepercayaan pada survei ini mencapai 95 persen, dengan margin of error penelitian ini +/- 2,65 persen.

Untuk dicatat, survei ini dirilis sehari sebelum debat perdana Pemilu Presiden 2024 tanggal 12 Desember 2023. Nantinya pada debat perdana tersebut ketiga calon presiden akan beradu gagasan terkait sejumlah tema yaitu Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Minta Pendukungnya Fokus Menangkan Pemilu 2024

Sementara itu, capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, meminta para pendukungnya kerja keras memenangkan Pemilu 2024, jangan sampai terkecoh dengan para elite politik yang tukang nyinyir.

"Saya minta kita semua harus bekerja keras, 65 hari lagi kita harus kerja keras turun ke rakyat jangan terkecoh dengan beberapa orang di elite-elite yang kerjanya hanya mau nyinyir saja," kata Prabowo di acara Waktunya Indonesia Maju di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023).

Prabowo pun menyinggung ada elite politik yang menyindir hanya joget-joget, tidak punya gagasan. Ketua umum Gerindra ini menegaskan dirinya punya gagasan hebat.

"Katanya capres harus punya gagasan bagus tidak boleh joget-joget? Kita punya gagasan yang hebat, kita punya strategi yang hebat, kita punya peta ke depan luar biasa," ucap dia.

Prabowo yakin gagasannya yang dibawa akan membuat negara hebat. Siapa pun pakarnya dan punya akal sehat bisa melihat hal itu.

"Saya yakin pakar manapun yang punya akal sehat dan kebersihan hati akan melihat bahwa gagasannya KIM akan membuat negara yang hebat," kata dia.

3 dari 3 halaman

Gibran Santai Hadapi Debat Perdana Capres-Cawapres 2024: Siap Saja Saya

Sedangkan cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka mengaku santai menghadapi debat perdana Pilpres 2024. Tema debat yaitu terkait hukum, HAM, sampai demokrasi tidak membuatnya takut.

"Gak juga, ya," kata Gibran ditemui usai Waktunya Indonesia Maju di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023).

Wali kota Solo ini tidak mengungkap apa saja persiapan debat lusa. Gibran mengaku siap saja menghadapi debat.

"Ya, siap aja sih saya, makasih ya," katanya singkat.

Gibran pun enggan komentar lebih jauh mengenai debat perdana. Termasuk terkait para panelisnya nanti.

"Panelisnya saya enggak tau siapa," kata putra Presiden Joko Widodo ini.

Sementara itu, Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto juga mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang debat perdana Pilpres 2024. Prabowo hanya membaca, berolahraga renang, sampai minum jamu.

"Pak Prabowo persiapannya enggak ada yang khusus beliau persiapannya ya seperti biasa membaca mendengar kemudian tetap berolahraga berenang, minum jamu," ujar Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Gedung Juang, Menteng, Jakarta, Minggu (10/12/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.