Sukses

Ganjar Bicara soal Penambangan Ilegal di IKN, Ingatkan Penegakkan Hukum

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, ikut menyoroti maraknya aktivitas penambangan ilegal di sekitar lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Liputan6.com, Jakarta Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, ikut menyoroti maraknya aktivitas penambangan ilegal di sekitar lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Karena itu, Ganjar menilai hal itu perlu disikapi dengan dua hal yakni good mining practice (GMP) dan penegakkan hukum. 

“Ada dua hal, yang pertama good mining practice dan yang kedua penegakkan hukum,” kata dia di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara, Ing Martadipura, Tenggarong, Rabu (6/12/2023).

Ganjar menyampaikan, pelatihan menambang dengan baik harus diterapkan di setiap aktivitas penambangan. Dalam hal ini, diperlukan pengawasan dari para pemangku kepentingan.

"Ini mesti dilakukan dan itu kontrol dari kementerian maupun dinas atau Pemdanya," ujar dia.

Kedua, Ganjar menambahkan, terkait penegak hukumnya. Ini, kata dia menjadi faktor utamanya. Kalau penegakkan hukum serius, maka ilegal ekonomi atau ilegal mining tidak akan terjadi. 

“Itu memang masuk ke kita, ke kami gitu ya, untuk kita kemudian bisa bereskan. Ada dua hal itu, bagaimana good practice mining dan yang kedua penegakkan hukum,” tandasnya. 

Penegasan dua hal tadi, ujar dia tak lain untuk menjaga kestabilan lingkungan atau alam di sekitar IKN. “Ini untuk mendukung kegiatan IKN,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anak Muda Beri Pujian

Kalangan muda beramai-ramai berkumpul di Hobbies Coffe and Lounge Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/12/2023) malam. Ternyata mereka antusias untuk mengikuti acara Ngopi Bareng Ganjar Pranowo, Capres 2024 nomor urut 3.

Sorak sorai dan tepuk tangan menyambut kedatangan Ganjar, malam itu. Bahkan tak sedikit dari mereka yang harus berdiri di atas kursi untuk bisa mengambil momen lewat kamera ponselnya.

Salah satunya Sasa, yang mengaku senang bisa berkesempatan ngobrol bareng Ganjar. Menurutnya, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu punya perhatian terhadap milenial dan generasi z, terutama di daerah-daerah.

"Kedatangan Pak Ganjar di Balikpapan ini sangat luar biasa. Karena mau datang dan ngobrol bareng di daerah seperti Balikpapan ini," katanya.

Dengan begitu, ia merasa dihargai sebagai kalangan muda yang jauh dari Jakarta. Dan, sosok Capres berambut putih itu disebutnya sangat dekat dengan kaum milenial.

"Melihat sikap Pak Ganjar, saya yakin beliau mampu membawa aspirasi milenial dan gen z," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Ganjar Orang Asik

Hal senada juga disampaikan oleh Jemi, generasi Z yang mengatakan bahwa Ngopi Bareng Ganjar berlangsung seru.

"Saya sudah sering lihat di media sosial. Pak Ganjar orangnya asik, humoris dan hamble. Pembawaannya bisa narik perhatian anak muda," paparnya.

Menurutnya, Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu sejalan dengan pemikiran anak muda.

"Iya, pemikiran Pak Ganjar sejalan dengan anak muda," tuturnya.

Sementara itu, Ngopi Bareng Ganjar semakin hangat dan meriah dengan penampilan Sanggar Mawar Dance Company Balikpapan yang membawakan karya Tari Nusantara.

"Anak muda jangan berkecil hati. Tetap semangat berkarya, dan selalu surprise," tandas Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini