Sukses

Demokrat Gelar Rapimnas di JCC Malam Ini, Siap Deklarasi Prabowo Capres 2024

Rapimnas Demokrat akan menghadirkan langsung bakal capres sekaligus Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan para petinggi parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan memimpin Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (21/9/2023) malam ini.

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, usai Rapimnas partainya juga akan melakukan deklarasi dukungan terhadap Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024.

“Ya benar, nanti malam Rapimnas Partai Demokrat di Jakarta Convention Center, Jakarta. Acara direncanakan dimulai pada pukul 18.30 WIB dan juga Deklarasi Capres Partai Demokrat," kata Zaky melalui pesan singkat, Kamis (21/9/2023).

Zaky menjelaskan, Rapimnas Demokrat akan diikuti oleh seluruh pimpinan partai mulai dari tingkat pusat dan hingga daerah. Artinya jumlah peserta yang hadir akan mencapai ribuan orang.

“Ribuan kader dari seluruh Indonesia hadir,” katanya.

Selain itu, Herzaky memastikan acara juga akan menghadirkan tamu khusus di luar anggota partai yaitu Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerinda, serta jajaran anggota dari Koalisi Indonesia Maju.

Confirm hadir Pak Prabowo dan jajaran lain seperti Partai Golkar, PAN, PBB, PSI, Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Prima. Kami undang semua, dan sebagian besar sudah mengkonfirmasi kehadirannya,” tutur Herzaky.

Herzaky memastikan, Rapimnas sejatinya  beragendakan memilih dan mendeklarasi sosok presiden yang akan didukung partai Demokrat.

Hal itu akan dikomandoi langsung oleh Ketum AHY dan disaksikan secara langsung oleh ribuan petinggi dan kader dari berbagai pelosok negeri, serta jutaan rakyat Indonesia melalui live streaming.

“Rencananya bakal disiarkan juga di tiga stasiun televisi nasional,” ungkap Herzaky.

Saat ditanya, apakah Prabowo Subianto akan berpidato, Herzaky meminta untuk menunggu malam ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SBY dan Prabowo Bertemu di Hambalang

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengungkapkan, pertemuan tertutup antara Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, di Hambalang, Jawa Barat, Minggu 17 September 2023.

Dia menjelaskan, Majelis Tinggi Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan kepada Prabowo Subianto.

"Jadi kalau anda mau merasakan suasananya ya, kami masuk ke agak mirip Cikeas beliau punya pendopo, disebut Garuda Adiyaksa berhadap-hadapan kami di sebelah kiri, beliau di sebelah sana jadi Gerindra lengkap semua utuh, kami Demokrat di sini semua lengkap," kata Hinca, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/9/2023).

"Di situlah berdialog dan kami sampaikan pesan atau keputusan Majelis Tinggi Partai dan diterima pak Prabowo di situ dialog," sambungnya.

Setelah Majelis Tinggi Partai menyampaikan keputusan, Prabowo pun memanggil para ketua umum Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Setelah itu, kemudian Prabowo memanggil ketua-ketua parpol yang sudah duluan, ada Golkar, ada PAN, Prima, PBB, PSI, Garuda juga duduk semua di situ gabung lagi. Jadi udah selesai di situ didengarkan, semua koalisi yang lain dan welcome kemudian bertepuk tangan semua habis dari situ baru pindah ke ruang jamuan makan," paparnya.

Setelah itu, ditampilkan video SBY saat menyampaikan pidato kebangsaan. Kemudian SBY memberikan sambutan dan mengatakan siap turun gunung untuk kemenangan Prabowo.

"ditampilkan video tentang (13 menit pak SBY ya?) iya dan itulah dialog kebangsaan, kemudian Pak Prabowo bicara singkat, kemudian Pak Wiranto juga bicara, setelah itu Pak SBY bicara, itulah yang terkahir SBY bilang "for you, saya siap turun gunung" kira-kira itu," imbuh Hinca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.