Sukses

PKS Belum Restui Cak Imin Sebagai Cawapres Anies

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan, hingga kini pihaknya masih mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024. Hal ini disampaikan di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan, hingga kini pihaknya masih mendukung Anies  Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024. Hal ini disampaikan di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan.

"Pada musyawarah Majelis Syuro yang ke-8 PKS telah menetapkan Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai Bacapres yang diusung oleh PKS," kata Syaikhu kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (2/9).

Namun, terkait dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies, akan lebih dulu dibahas ke pada Musyawarah Majelis Syuro.

"Adapun rekomendasi nama Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Bakal Calon Wakil Presiden, insya Allah akan diusulkan untuk dibahas pada musyawarah Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera," ujarnya.

Apalagi, PKS disebutnya mengacu pada Anggaran Dasar partainya untuk menetapkan seseorang menjadi Presiden atau Wakil Presiden.

"Kami mengacu pada anggaran dasar kami di PKS sesuai pasal 16, anggaran dasar PKS ayat 2 huruf i menyatakan bahwa kewenangan untuk menetapkan kebijakan partai berkenaan dengan pemilihan Presiden dan/atau Wakil Presiden Republik Indonesia adalah Majelis Syuro, sebagai majelis permusyawaratan tertinggi partai yang keanggotaannya terdiri dari perwakilan anggota PKS dari seluruh Indonesia," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKB Gabung Koalisi

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerima tawaran Partai NasDem untuk berkoalisi. PKB dan NasDem bakal mengusung Anies Baswedan bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

DPP dan Dewan Syuro PKB telah membahas tawaran NasDem dalam rapat pleno yang digelar di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (1/9).

"Bahwa pleno menyatakan dan menyambut baik tawaran kerja sama, dari NasDem," ungkap Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid usai rapat pleno.

Sumber: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini