Sukses

SM Entertainment Resmi Gugat EXO-CBX

Sebelumnya, agensi yang saat ini menaungi EXO-CBX, INB100 telah melaporkan SM Entertainment terkait pelanggaran kesepakatan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Agensi SM Entertainment resmi menggugat sub-unit grup Kpop EXO, EXO-CBX. Gugatan ini menyusul konflik dugaan pelanggaran kesepakatan antara keduanya.

Menurut laporan Yonhap, pada 12 Juni 2024, SM Entertainment mengajukan gugatan atas para member EXO-CBX, yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin. Laporan yang diajukan ke Pengadilan Distrik Seoul Timur itu menuntut ketiga idol tersebut untuk mengikuti ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.

"Benar, kami telah mengajukan gugatan atas Chen, Baekhyun, dan Xiumin. Kami akan meresponsnya melalui hukum," kata SM Entertainment.

Sebelumnya, agensi yang saat ini menaungi EXO-CBX, INB100 telah melaporkan SM Entertainment terkait pelanggaran kesepakatan. EXO-CBX mempermasalahkan jatah 10 persen royalti yang diminta SM Entertainment.

SM Entertainment sempat menanggapi tuduhan tersebut dengan berdalih bahwa royalti 10 persen atas penghasilan pribadi adalah standar yang ditetapkan selama perselisihan kontrak sebelumnya dengan member China EXO. Hal itu diberlakukan melalui arbitrase pengadilan.

"Kontrak eksklusif antara CBX dan SM masih berlaku. Namun, dalam satu kesepakatan mengizinkan CBX melakukan aktivitas personal melalui perusahaan pribadi mereka dengan membayar 10 persen dari pendapatan ke SM," pernyataan SM Entertainment.

Sejak kesepakatan itu, SM Entertainment membebaskan EXO-CBX untuk mengejar aktivitas personal melalui perusahaan pribadi mereka. SM Entertainment juga berpendapat bahwa EXO-CBX ingin mempertahankan hak dan keuntungan menjadi anggota EXO tanpa memenuhi kewajibannya.

Dua hari setelah memberikan tanggapan resmi terkait tuduhan tersebut, SM Entertainment pun menempuh jalur hukum. Langkah hukum terhadap CBX diambil karena SM Entertainment merasa tak lagi bisa memberikan toleransi atas tuduhan dan klaim-klaim sepihak dari ketiga mantan artisnya itu.

Gugatan ini menjadi babak baru dari perseteruan SM Entertainment dan sub-unit grup Kpop EXO tersebut. Sejauh ini, belum ada tanggapan resmi dari EXO-CBX maupun agensi INB100.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini