Sukses

Kondisi Terkini Bek Filipina Adrian Ugelvik yang Tubrukan dengan Ernando: Sudah Keluar RS, Dapat Bunga dari Ketum PSSI

Bek Filipina Adrian Ugelvik yang sempat menderita cedera lantaran bertubrukan dengan kiper Timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (11/6/2024) malam WIB, mulai menunjukkan progres positif dalam pemulihannya.

Liputan6.com, Jakarta Bek Filipina Adrian Ugelvik yang sempat menderita cedera lantaran bertubrukan dengan kiper Timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi dalam laga putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (11/6/2024) malam WIB, mulai menunjukkan progres positif dalam pemulihannya.

Sang pemain bahkan sudah bisa mengabarkan sendiri kondisinya pasca benturan melalui media sosial pribadi, dan menyatakan bahwa dia telah keluar dari rumah sakit.

Seperti diketahui, situasi mencekam sempat menyelimuti area pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina mendekati pengujung waktu normal babak kedua beberapa hari lalu.

Penjaga gawang skuad Garuda berbenturan dengan Adrian Ugelvik yang merupakan salah satu pemain bertahan Filipina, sehingga menyebabkan keduanya terjatuh di lapangan.

Ernando Ari Sutaryadi perlahan bisa berdiri lagi. Akan tetapi, Adrian Ugelvik masih terkapar di lapangan dan mendapatkan pertolongan medis, sementara para pemain bergerak membentuk lingkaran di sekelilingnya.

Tak lama, ambulans yang sejak tadi sudah disiagakan di dekat pintu keluar stadion langsung bergerak masuk menerobos ke lapangan. Adrian pun dibawa menuju rumah sakit guna mendapat penanganan yang diperlukan.

Pelatih Timnas Filipina Tom Saintfiet lantas membeberkan kondisi Adrian dalam konferensi pers pasca pertandingan. Dokter tim menduga dia mengalami gegar otak, sehingga aturan FIFA memperbolehkan The Azkals melakukan pergantian keenam dengan memasukkan Christian Rontini di laga melawan Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kondisi Terbaru Adrian Ugelvik

Barulah pada Selasa (12/6/2024) kemarin, ada update mengenai situasi terkini Adrian Ugelvik pasca insiden dengan Ernando Ari. Sang pemain membenarkan dirinya mengalami gegar otak, tetapi kondisinya sudah membaik dan dia telah diizinkan keluar dari rumah sakit.

"Halo semuanya. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk fans Filipina sekaligus fans Indonesia atas sambutan yang manis dan luar biasa. Itu berarti banyak buat saya, dan saya sangat berterima kasih kepada kalian semua," tulis sang pemain melalui cuitannya di X.

Adrian juga mengungkap bahwa dirinya mendapat perhatian khusus dari pihak asosiasi sepak bola Indonesia. Hal itu tercermin lewat kiriman bunga Ketum PSSI Erick Thohir yang turut diungkap Adrian lewat unggahan di akun X-nya.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada Ketua Federasi Sepak Bola Indonesia atas bunganya. (Kondisi) saya baik dan sekarang keluar dari rumah sakit dengan adanya gegar otak. Semoga saya segera pulih," tambah dia.

3 dari 5 halaman

Komentar PSSI soal Insiden Adrian dan Ernando

Sebelumnya, Erick Thohir selaku Ketum PSSI memang sudah menyampaikan komitmen terkait perawatan untuk Adrian Ugelvik usai terlibat benturan dengan kiper Timnas Indonesia.

Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu sejak awal menegaskan pihaknya bakal memastikan bek The Azkals menerima perawatan terbaik selama di Indonseia.

"Yang pasti, kita harus pastikan, kita beri perawatan terbaik, ya (untuk Adrian Ugevik)," ucap Erick Thohir saat ditemui awak media selepas laga Timnas Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Teranyar, Ketum PSSI melalui keterangan tertulis juga membenarkan bahwa kondisi Adrian Ugelvik sudah membaik. Informasi itu didapatkan dari dokter yang menangani sang pemain.

"Informasi dari dokter, kondisi pemain baik, sadar. Pagi ini (Rabu, 12 Juni) menunggu hasil MRI atau CT Scan," ujar Erick Thohir dalam keterangan yang diterima Rabu (12/6/2024), kemarin seperti dilansir dari pemberitaan Antara.

4 dari 5 halaman

Ernando Langsung Hubungi Adrian

Di sisi lain, kiper Timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi juga langsung bergerak sendiri menghubungi Adrian Ugelvik yang jadi korban dalam insiden. Dia mengirimkan direct message di Instagram kepada pemain Filipina, dan langsung membagikan respons Adrian lewat story di akun pribadinya.

"Halo, bro, bagaimana kabarmu, saya harap kamu baik-baik saja, dan mohon maaf atas insiden yang terjadi," tulis Ernando ketika pertama kali menghubungi Adrian.

Adrian lantas menanggapi pesan dari Ernando dengan positif. Dia meminta sang kiper untuk tidak khawatir, sebab kejadian Selasa (11/6/2024) malam murni merupakan insiden yang biasa terjadi dalam sepak bola.

"Halo, bro. Terima kasih atas pesannya. Saya baik-baik saja sekarang. Saya sudah keluar dari rumah sakit dan menderita gegar otak ringan, tetapi saya akan baik-baik saja," balas Adrian Ugelvik.

"Jangan khawatir, itu adalah insiden dan itu bisa terjadi dalam sepak bola. Kita hanya kurang beruntung, semoga kami juga baik-baik saja. GG (good game)," tambah bek Timnas Filipina.

5 dari 5 halaman

Profil Singkat Adrian Ugelvik

Sekadar informasi, Adrian Ugelvik merupakan pemain andalan baru yang menghuni lini pertahanan Timnas Filipina. Dia jadi satu dari deretan penggawa keturunan anyar yang didatangkan ke The Azkals sejak era kepemimpinan pelatih Tom Saintfiet.

Adapun pemain kelahiran 21 September 2001 secara spesifik menempati pos sebagai centre-back. Dia memiliki postur 1,87 meter dan kini tengah menjadi bagian dari klub Norwegia, Levanger FK.

Situs Transfermarkt mencatat, Adrian Ugelvik sempat tampil dalam 5 pertandingan untuk timnya di berbagai kompetisi musim 2023/2024.

Sementara itu bersama Timnas Filipina, dia baru mengoleksi 2 caps sejak debut dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam di bawah asuhan Tom Saintfiet pada Kamis (6/6/2024) lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.