Sukses

Mirip Karakter Animasi, Kebun Binatang Ini Jalankan Program Diet untuk Macan Tutul Obesitas

Macan tutul ini disebut mirip Officer Clawhauser dari Zootopia.

Liputan6.com, Jakarta Kebun binatang menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat. Pasalnya, bukan hanya menjadi hiburan saja, namun di berwisata di kebun binatang juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. 

Biasanya, kebun binatang juga memiliki berbagai program khusus untuk menarik perhatian pengunjung. Salah satunya ialah memberi makan hewan yang ada di kebun binatang. Namun, tentu saja, pemberian makan bagi hewan ini perlu dikontrol dengan baik.

Pasalnya, jika tidak makan hewan-hewan tersebut bisa mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Tentu saja, menurunkan berat badan bagi hewan yang obesitas bukan hal yang mudah. Tak sedikit pula yang mengalami kegagalan saat melakukan program diet untuk hewan tersebut.

Seperti yang dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Kamis (13/6/2024), sebuah kebun binatang di Tiongkok harus menyerah saat jalankan program diet untuk seekor macan tutul yang kelebihan berat badan. Macan tutul obesitas tersebut juga sempat viral di media sosial karena disebut mirip dengan karakter Officer Clawhauser yang ada di animasi Disney, Zootopia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bak karakter di animasi Zootopia

Macan tutul dari Kebun Binatang Taman Panzhihua di Provinsi Sichuan, Tiongkok menjadi sorotan netizen. Pasalnya, foto mengenai hewan yang masih dalam keluarga kucing besar ini menajdi viral di media sosial karena memiliki bentuk tubuh tak biasa.

Macan tutul tersebut bahkan dikenal sebagai Officer Clawhauser asal China di media sosial. Officer Clawhauser sendiri merupakan petugas polisi dengan karakter macan tutul yang kelebihan berat badan dalam animasi Zootopia. Tak hanya itu saja, bentuk tubuhnya yang mengalami obesitas juga membuat banyak netizen menyebutnya mirip dengan anjing laut.

Namun, meski banyak netizen yang bercanda mengenai bentuk tubuhnya, tak sedikit pula yang mengaku khawatir. Banyak netizen yang menganggap jika obesitas pada macan tutul tersebut dapat mempengaruhi kesehatan serta kesejahteraan umum hewan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Jalankan program diet

Mengetahui banyak masyarakat yang khawatir, pihak kebun binatang akhirnya mengeluarkan pernyataan akan melakukan rangkaian program diet bagi sang macan tutul. Namun, dalam pernyataan terbarunya, program diet tersebut gagal dihalankan. Pasalnya, meski telah melakukan rangkaian kegiatan diet penurunan berat badan, 'Petugas Clawhauser' di dunia nyata ini tak kehilangan berat badan sama sekali dalam dua bulan.

Pihak kebun binatang menyebut jika macan tutul tersebut telah ada di kebun binatang sejak 2010, hal ini pun membuatnya berusia sekitar 16 tahun atau 60-70 tahun usia manusia. Meski memiliki kelebihan berat badan, kucing besar tersebut rutin menjalani pemeriksaan kesehatan dan berada dalam kondisi baik. Meski begitu, pihak kebun binatang telah melakukan penyesuaian dalam pemberian makan, perbaikan lingkungan dan olahraga untuk sang macan tutul.

Akan tetapi, program diet tersebut gagal. Pihak kebun binatang yang berkonsultasi dengan para ahli memutuskan jika program diet menurunan berat badan pada sang macan tutul dibatalkan. Pasalnya, macan tutul tersebut dianggap terlalu tua untuk mengubah bentuk tubuhnya.

“Semuanya baik-baik saja selama dia sehat dan bahagia,” kata staf kebun binatang tentang 'Petugas Clawhauser'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.