Sukses

PKS soal Wacana Duet Anies-Kaesang di Pilgub Jakarta: Kita Lihat Nanti

Anies Baswedan telah resmi diusung oleh DPW PKB DKI Jakarta untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini merespons soal wacana duet Anies Baswedan-Kaesang Pangarep di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Menurutnya, ia masih menunggu proses dari partainya.

Diketahui, Anies telah resmi diusung oleh DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Kan saya nunggu proses, jangan dibilang saya, nanti kalau di PKS itu penentuannya bukan personal, jadi ada tim khusus. Jadi dengan siapa pun, nanti kita lihat," kata Jazuli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Kemudian, saat disinggung apakah putra bungsu Presiden Jokowi tersebut mumpuni jika berpasangan dengan Anies di Jakarta.

Menurutnya, semuanya itu tergantung dari partai-partai. Sehingga, dirinya belum bisa memastikan hal tersebut.

"Ya semua orang, masalahnya antara kemampuan dengan penetapan calon itu kan dua hal yang berbeda, kemampuan itu melekat dirimu, kamu diangkat menjadi wartawan tergantung perusahaan mediamu, kan gitu. Ya tergantung partai-partai sepakat enggak nanti," ujarnya.

"(PKS sama PSI) Ya enggak ada masalah, jadi masalah apa? Komunikasikan mungkin saja, kerjasama kan harus ada keputusan institusional, bukan keputusan dan pendapat pribadi," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku, tidak masalah jika dirinya akan dipasangkan dengan Anies Rasyid Baswedan untuk di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Diketahui, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung Anies untuk maju di Pilkada Jakarta.

"Jadi ya saya enggak masalah juga kalau nantipun akan di pasangkan oleh Pak Anies," kata Kaesang kepada wartawan di DPP PSI, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKB Jalin Komunikasi dengan PSI

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengatakan, telah menjalin komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pilkada Jakarta 2024.

Komunikasi dengan PSI dilakukan usai DPW PKB Jakarta resmi mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur tunggal untuk Pilgub Jakarta 2024. Komunikasi membahas terkait peluang duet Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

"Kita terbuka dengan wakil gubernur siapapun, termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media (bilang) bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Hasbiallah di DPW PKB  Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Menurut Hasbiallah, PKB  Jakarta juga terbuka apabila putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut hendak mencalonkan diri mendampingi Anies Baswedan sebagai calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jakarta 2024.

"Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur  DKI. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI," ucap dia.

Adapun DPW PKB Jakarta mengusulkan nama Anies ke DPP PKB berdasarkan berbagai pertimbangan. Di antaranya, merujuk hasil survei dan usulan internal DPW PKB Jakarta.

"PKB sudah melakukan survei, yang paham Jakarta itu Anies Baswedan," ujar Hasbiallah.

 

3 dari 3 halaman

PKB Usung Anies Baswedan

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta resmi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 mendatang.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas membacakan secara langsung surat rekomendasi dukungan terhadap Anies.

"PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal yaitu untuk mencalonkan 2024-2029 Pilkada Gubernur DKI Jakarta," kata Hasbiallah di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Hasbiallah menyatakan, dukungan diberikan ke Anies usai DPW PKB DKI Jakarta mendengarkan masukan dan aspirasi dari berbagai elemen baik internal dan eksternal PKB.

"Dari sekian banyak yang mencalonkan ke DPW PKB DKI Jakarta, Alhamdulillah saya sebagai ketua DPW PKB DKI Jakarta mendengar aspirasi dari tingkat ranting PAC, DPC, sampai tingkat DPW," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini