Sukses

9 Ragam Olahan Daging yang Lezat untuk Idul Adha

Dengan beragam pilihan olahan daging yang lezat ini, Anda dapat merayakan Idul Adha dengan cara yang istimewa dan memuaskan lidah keluarga dan tamu yang datang berkunjung.

Liputan6.com, Jakarta - Idul Adha merupakan salah satu perayaan penting dalam agama Islam. Hari raya ini juga momen berkurban hewan ternak seperti sapi, kambing, atau domba.

Daging dari hewan kurban tersebut kemudian diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang disajikan kepada keluarga, tetangga, dan yang membutuhkan.

Berikut adalah beberapa macam olahan daging yang dapat Anda coba untuk merayakan Idul Adha:

1. Sate Padang

Sate Padang adalah hidangan daging sapi yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan tusukan bambu, dan kemudian dipanggang dengan bumbu khas Padang. Bumbu kacang yang gurih dan pedas membuat sate Padang menjadi pilihan yang populer untuk hidangan Idul Adha.

2. Gule Kambing

Gule kambing adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari potongan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah, santan, dan tambahan kentang serta tomat.

Rasanya yang gurih dan beraroma membuat gule kambing menjadi hidangan yang sangat disukai saat Idul Adha.

3. Tongseng Sapi

Tongseng sapi adalah hidangan berkuah yang terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, serai, dan daun jeruk, serta tambahan kubis, tomat, dan bawang goreng. Rasa yang gurih dan sedikit pedas membuat tongseng sapi menjadi pilihan yang menyegarkan untuk hidangan Idul Adha.

4. Empal Daging

Empal daging adalah hidangan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan kemudian digoreng hingga menjadi kering. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuat empal daging menjadi hidangan yang sangat cocok disajikan sebagai lauk pendamping saat Idul Adha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Rendang

Rendang adalah hidangan daging sapi khas Minangkabau yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan santan hingga menjadi kering dan berwarna cokelat kehitaman.

Rendang memiliki cita rasa yang kaya dan kompleks, serta tekstur daging yang empuk, membuatnya menjadi hidangan favorit di berbagai acara termasuk Idul Adha.

6. Sop Kambing

Sop kambing adalah hidangan berkuah yang terbuat dari potongan daging kambing yang dimasak dengan tambahan wortel, kentang, tomat, dan bumbu rempah-rempah. Rasanya yang segar dan gurih membuat sop kambing menjadi pilihan yang lezat untuk disajikan saat Idul Adha.

7. Daging Panggang

Daging panggang adalah hidangan daging sapi atau kambing yang dipanggang dengan bumbu rempah-rempah dan saus kecap. Rasanya yang gurih dan aromanya yang harum membuat daging panggang menjadi hidangan yang populer saat Idul Adha, terutama jika disajikan dengan nasi putih dan sambal.

8. Kebuli

Kebuli adalah hidangan nasi yang disajikan dengan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah, kismis, almond, dan tambahan bumbu lainnya. Rasanya yang kaya dan tekstur daging yang empuk membuat kebuli menjadi hidangan yang sangat cocok untuk merayakan Idul Adha.

9. Daging Balado

Daging balado adalah hidangan daging sapi atau kambing yang dimasak dengan bumbu balado yang pedas dan gurih. Rasanya yang pedas dan beraroma membuat daging balado menjadi hidangan yang populer di berbagai daerah Indonesia, terutama saat Idul Adha.

Dengan beragam pilihan olahan daging yang lezat ini, Anda dapat merayakan Idul Adha dengan cara yang istimewa dan memuaskan lidah keluarga dan tamu yang datang berkunjung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini