Sukses

NasDem: Anies Segera Umumkan Bakal Cawapres Pendampingnya di GBK, Deadline 16 Juli 2023

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya memastikan, bakal calon presiden atau bakal capres Anies Baswedan sudah menunjuk satu orang sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya memastikan, bakal calon presiden atau bakal capres Anies Baswedan sudah menunjuk satu orang sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).

Menurut Willy, nama bakal cawapres yang sedianya mendampingi Anies tersebut akan diumumkan kepada publik paling lambat pada 16 Juli 2023.

"Sudah ada, 16 Juli deadline diumumkan," kata Willy saat ditemui di NasDem Tower Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Willy memastikan, nama tersebut sudah dikomunikasikan Anies kepada para partai pendukung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Salah satunya, kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan.

"Sudah, sudah disampaikan kemarin ke Pacitan disampaikan langsung oleh Pak Anies ke Pak SBY dan Mas AHY. Hari ini ke Pak Surya Paloh dan berikutnya ke Pak Presiden PKS," ucap dia.

Willy memastikan, pengumuman pendamping dari Anies Baswedan akan diumumkan secara akbar di Jakarta. Rencananya Gelora Bung Karno akan menjadi saksi dari munculnya pasangan calon presiden dan wakil presiden dari KPP.

"Insya Allah di Jakarta, di GBK," Willy menandasi.

Sebelumnya, Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menyambangi NasDem Tower siang ini di Jakarta Pusat. Berdasarkan informasi diterima redaksi Liputan6.com, Anies tiba sekira pukul 2 siang.

"Ya benar (Anies ke NasDem Tower)," kata Plt Sekjen NasDem Hermawi Taslim saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (2/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Sambangi NasDem Tower Siang Ini, Bahas Cawapres dengan Surya Paloh?

Ditanya perihal kedatangan sang mantan gubernur DKI Jakarta tersebut untuk bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh atau tujuan lain, Taslim mengatakan Anies diundang untuk kegiatan atau acara partai.

"Anies hadir di acara pembekalan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg)," ucap dia.

Saat dikonfirmasi apakah acara dapat diliput terbuka kepada media, Taslim memohon maaf sebab kegiatan hanya khusus untuk internal partai.

"Tertutup, maaf," Taslim menandasi.

Sebagai informasi, sebelumnya Anies sempat melangsungkan pertemuan terutup juga dengan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan. Hal itu dilakukan Anies kemarin bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila.

Pertemuan Anies dan SBY serta AHY di Pacitan dikabarkan juga dalam rangka untuk memperkuat rencana pengumuman calon wakil presiden pada pilpres 2024 nanti.

Anies selaku calon presiden dari Koalisi Perubahan dikabarkan akan mengumumkan bakal calon wakilnya pada minggu ini atau paling lambat pekan depan.

 

3 dari 3 halaman

Pertemuan Anies-SBY Sangat Privat

Bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menemui Presiden Ke-6 RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Museum dan Galeri SBY*ANI, Pacitan, Jawa Timur, Kamis.

Rombongan kendaraan yang membawa Anies tiba di Museum SBY*ANI Pacitan sekitar pukul 13.30 WIB dan menggelar pertemuan tertutup.

Pintu gerbang kompleks museum yang dibangun khusus untuk mengenang almarhumah ibu negara ke-6 RI Kristiana Herawati atau Ani Yudhoyono itu langsung ditutup kembali begitu rombongan mobil yang membawa Anies masuk.

"Ini tadi langsung masuk ke wisma di Kompleks Museum SBY*ANI. Memang sangat 'privat' tidak ada informasi sama sekali pertemuan mereka (Anies, SBY, dan AHY)," kata Ketua DPD Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Kabupaten Pacitan Bambang Widiarsa yang dilansir dari Antara.

Hingga rombongan Anies keluar lagi dari kompleks museum, tak sepatah kata pun pernyataan disampaikan mantan gubernur DKI Jakarta itu kepada awak media yang sudah menunggu di luar pintu gerbang.

Sumber dari Partai Demokrat maupun Tim Relawan Anies tak satu pun yang memberikan informasi terkait hasil pertemuan dengan SBY tersebut. Pertemuan tertutup itu diikuti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pertemuan Anies, SBY, dan AHY di Pacitan dikabarkan dalam rangka memperkuat rencana pengumuman calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Anies Baswedan selaku calon presiden dari Koalisi Perubahan dikabarkan akan mengumumkan bakal calon wakilnya pada minggu ini atau paling lambat pekan depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.