Sukses

Sejumlah Menteri Jokowi Disebut Masuk Radar Cawapres Anies Baswedan, Siapa Saja?

Sejumlah nama menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi, masuk dalam bursa cawapres Anies Baswedan yang dibahas bersama Nasdem, PKS dan Demokrat, di Koalisi Perubahan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah nama menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi, masuk dalam bursa cawapres Anies Baswedan yang dibahas bersama Nasdem, PKS dan Demokrat, di Koalisi Perubahan. Total, ada sekitar 10 nama potensial yang dibawah intens parpol koalisi bersama Anies.

Beberapa nama yang intensif dibahas parpol koalisi perubahan bersama mantan Mendikbud era Jokowi di periode 2014-2016 itu di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkopolhukam Mahfud MD, Menparekraf Sandiaga Uno, mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Ketua Umum Demokrat AHY, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Kita bahas di koalisi dulu kandidat-kandidatnya, banyak, semua tokoh bangsa, sampai 10 sih, Mahfud MD masuk, Khofifah masuk, Sandi masuk, Aher masuk, (cak Imin, Airlangga) semua yang punya potensi masuk," ujar Jazuli Juwaeni, Ketua Fraksi PKS DPR RI, di Halal Bihalal PKS Cilegon, Minggu (21/05/2023).

Diketahui, Nama calon pendamping Anies Baswedan tengah digodok tiga partai koalisi, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, termasuk mengetahui elektabilitasnya.

Nantinya, nama tersebut akan dibawa ke Anies untuk dibahas kembali. Namun penentuan nama cawapres sepenuhnya diserahkan ke mantan Gubernur DKI Jakarta.

Bahkan Anies Baswedan juga sudah menyodorkan beberapa nama cawapres ke tiga parpol koalisi untuk dibahas bersama-sama.

"Kan diserahkan ke Anies, kita lagi godok terus, Anies mengusulkan nanti kita bahas tiga partai, dimana catatannya. (Anies menyodorkan nama cawapres) Ada beberapa nama, tapi perlu di dalami," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Baik Pertemuan Prabowo-SBY

Terkait pertemuan Prabowo dan SBY di Pacitan, Jawa Timur yang berlangsung Sabtu, 20 Mei 2023, PKS menyambut baik. Namun mereka mengaku tidak tahu isi pembicaraan tersebut.

"Karena kita tidak ikut, kita tidak bisa cerita," tuturnya singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.