Sukses

PDIP Umumkan Markas Pemenangan Capres 2024 Ganjar Pranowo, Sebut Sudah 457 Kelompok Daftarkan Diri

PDIP mengumumkan markas pusat tim pemenangan bakal calon presiden atau capres Ganjar Pranowo. Jajaran yang dinamakan Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP itu pun telah menerima 457 dokumen pendaftaran dari berbagai organ relawan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP mengumumkan markas pusat tim pemenangan bakal calon presiden atau capres Ganjar Pranowo. Jajaran yang dinamakan Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP itu pun telah menerima 457 dokumen pendaftaran dari berbagai organ relawan yang ada.

Ketua TKRPP PDIP Ahmad Basarah menyampaikan, sehari setelah menyambangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) ajang Pileg 2024, pihaknya langsung menindaklanjuti upaya partai dalam memenangkan capres Ganjar Pranowo.

Alhasil, kata Basarah, pihaknya mengumumkan Markas TKRPP PDIP di Jalan Diponegoro Nomor 72, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Peserta Pemilu bukan hanya partai politik tapi juga segenap elemen seluruh rakyat Indonesia. Menjadi keharusan kita bersama, partai politik bergandengan tangan, bermitra dengan rakyat. Dalam kaitan tanggung jawab itu maka dibentuk desk khusus tim pemenangan," tutur Basarah di Kantor Sekretariat TKRPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Kemudian, Sekretaris TKRPP PDIP Deddy Yevri Sitorus menambahkan, TKRPP PDI Perjuangan dibentuk sebagai respons atas munculnya berbagai aspirasi dan antusiasme masyarakat untuk mendukung pencalonan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024 dari PDI Perjuangan.

"Dukungan tersebut muncul dari organ-organ relawan yang berasal dari organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo yang bertransformasi menjadi organ relawan pendukung Ganjar Pranowo maupun organ relawan yang terbentuk setelah penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pilpres 2024," kata Deddy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalankan Fungsi dan Tugas Fasilitator

Menurut Deddy, TKRPP PDIP menjalankan fungsi dan tugas sebagai fasilitator bagi partisipasi masyarakat luas yang membentuk organ relawan, baik individu maupun kelompok yang ingin berperan aktif dalam pemenangan capres Ganjar Pranowo dan calon wakil presidennya pada Pilpres 2024.

"Tim Koordinasi akan fokus tugas pendataan, supporting system dan data, fasilitasi," ucap Deddy.

Keberadaan Kantor TKRPP PDIP, lanjut dia, tentu demi memastikan semua elemen partai pengusung dan pendukung Ganjar Pranowo dan cawapresnya bergerak dan bekerja secara gotong royong serta efektif dalam memenangkan capres yang diusung dan mengawal keberlanjutan pembangunan nasional yang diprogramkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Untuk memastikan agar tugas dan fungsi TKRPP-PDI Perjuangan itu berjalan dengan baik dan efektif, kami telah membuat sistem data base, pola kerja sama dan sinergitas antar partai dan organ relawan serta struktur dan personalia organisasinya," terang Deddy.

Lebih lanjut, selama 15 hari masa tugas TKRPP PDIP sejak dibentuk 27 April 2023 lalu, juga telah melakukan berbagai kegiatan konsolidasi internal. Seperti pembentukan dan penyempurnaan sistem pengorganisasan, struktur dan tata kelola.

"Diharapkan peresmian sekretariat ini sudah dapat dilakukan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri bersama Capres Ganjar Pranowo pada tanggal 1 Juni 2023 yang akan datang," Deddy menandaskan.

 

3 dari 4 halaman

PDIP Sebut Belum Ada Usulan Cawapres untuk Ganjar Pranowo

Sebelumnya, Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP telah menerima dokumen pendaftaran 457 organ relawan agar dapat menjadi bagian tim pemenangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Terkait nama cawapres, sejauh ini belum ada sosok yang diusulkan.

“Sampai dengan detik ini kami juga belum pernah mendengar ataupun menyaksikan langsung, atau menemui secara langsung organ organ relawan yang datang dengan menyampaikan syarat harus calon wakil presiden tertentu,” tutur Ketua TKRPP PDIP Ahmad Basarah di Kantor TKRPP PDIP, Jalan Diponegoro No.72, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Menurut Basarah, kerjasama politik antara partai politik dan organ relawan tentu didasari oleh prinsip saling menghargai dan menghormati eksistensi masing-masing. PDIP sebagai partai politik dan peserta pemilihan presiden tentu menjunjung prinsip tersebut

“PDI Perjuangan tidak akan mencampuri independensi dan kedaulatan organ-organ relawan untuk menentukan cara perjuangan,” jelas dia.

 

4 dari 4 halaman

Tetap Terlibat Melihat Hasil Survei

Namun begitu, PDIP tetap terlibat dalam memberikan supervisi berupa data hasil survei mengenai apa saja yang dapat dikerjakan oleh organ relawan, seperti jika bersifat teritorial nasional dan memiliki cabang di tingkat provinsi, kabupaten kota, maka seluruhnya akan difasilitasi data tersebut.

“Misalnya daerah-daerah mana yang Pak Ganjar masih lemah. Isu-isu apa saja yang kontraproduktif dan sebagainya. Ini yang akan kita beri pada organ-organ relawan agar cara mereka berkampanye juga efektif,” kata Basarah.

Di sisi lain, lanjutnya, organ relawan juga tentu menghormati yurisdiksi politik parpol yang oleh konstitusi diberikan kewenangan untuk menentukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Niat baik organ relawan tentu yang pertama adalah mendukung dan menyukseskan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

“Siapa cawapresnya, kita serahkan pada otoritas dan kebijakan Ibu Megawati Soekarnoputri bersama dengan ketua umum partai politik yang akan ikut mendukung, yang lainnya juga, tentu berdiskusi dan membahas bersama sama dengan Bapak Jokowi dalam kapasitasnya sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” Basarah menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.